LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR CONVENTION AND EXHIBITION CENTER DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

Ash Shidiqi, Muhammad Ridwan (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR CONVENTION AND EXHIBITION CENTER DI SURAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Muhammad Ridwan Ash Shidiqi)
1301149351.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text
1301149355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
1301149356.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) diperkenalkan di dekade tahun 80-an dan mengalami perkembangan yang pesat di era 90-an dan didukung dengan kemajuan teknologi informasi serta kemajuan teknologi transportasi. Berkembangnya MICE dengan adanya kemudahan berkunjung ke negara lain ataupun daerah lain. Meningkatnya jumlah penyelenggara dan peserta, perlunya penambahan fasilitas wisata MICE di Kota Surakarta. Potensi industri wisata MICE di Surakarta dapat jadi daya tarik wisata apabila didukung oleh fasilitas kegiatan MICE yakni Convention and Exhibition Center. Convention and Exhibition Center adalah wadah yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhan akan kegiatan MICE yang mengintegrasikan fungsi pertemuan (meeting and conference), eksibisi (exhibition), dan rekreasi (insentive travel). Kota Surakarta mempunyai gedung Convention Center, namun terdapat keterbatasan fasilitas konvensi dan pameran jika mengadakan lebih dari satu acara pada satu waktu. Karakter pelaku wisata MICE yang mengikuti perkembangan jaman cocok dengan pendekatan arsitektur kontemporer. Produk arsitektur kontemporer sangat menonjolkan penggunaan material dan teknologi, serta geometri. Pembangunan fasilitas wisata MICE dengan pendekatan arsitektur kontemporer ini ingin menjadikannya bangunan ini seperti ikon/ pembentuk citra Kota Surakarta, sehingga Surakarta menjadi destinasi wisata MICE yang sangat menarik di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: convention and exhibition center, MICE, arsitektur kontemporer
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:03
Last Modified: 08 Feb 2021 09:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23189

Actions (login required)

View Item View Item