LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEK PUSAT BUDIDAYA KOPI DI DESA PELAGA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIKTUR

Christian, Kevin (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEK PUSAT BUDIDAYA KOPI DI DESA PELAGA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIKTUR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kevin Christian)
1301149911.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
1301149915.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
1301149916.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Desa Pelaga yang terletak di utara Kecamatan Petang, Kabupaten Badung merupakan Desa Agrowisata yang komoditas utamanya sayur-sayuran dan buah-buahan, namun komoditas kopi juga secara aktif dibudidayakan di Desa Pelaga ini, terutama kopi jenis arabika karena secara lokus desa ini memang menawarkan kondisi yang optimal untuk tanaman kopi jenis arabika untuk dapat tumbuh dengan baik. Walaupun secara statistik Kabupaten Badung ini hanya menempati urutan ketiga teratas dalam luas areal lahan perkebunan yang korelatif dengan hasil produksi kopinya dibawah Kabupaten Bangli (Kopi Kintamani) dan Kabupaten Buleleng, namun dilihat dari kualitas produksinya Kopi dari Desa Pelaga ini mampu bersaing dengan Kopi dari kedua Kabupaten tersebut terutama Kopi Kintamani, Karena kondisi iklim serta tanahnya mampu mendukung untuk tanaman kopi arabika untuk tumbuh maksimal. Namun demikian, masyarakat luas kurang mengetahui akan eksistensi kopi dari Desa Pelaga ini, karena dibayangi oleh ketenaran kopi kintamani yang sudah lebih dahulu dikenal hingga ke mancanegara, sedangkan kopi hasil produksi dari desa Pelaga ini oleh petani hanya dijual murah kepada pengepul karena kurangnya fasilitas pemrosesan pascapanen di Desa Pelaga. Untuk itu, diperlukan sebuah fasilitas terpadu berupa pusat budidaya kopi yang dapat mewadahi fungsi budidaya serta produksi, dan dalam saat bersamaan dapat memberikan edukasi serta wawasan kepada masyarakat awam yang mencakup semua tahap pemrosesan kopi mulai dari penanaman hingga ke proses penyeduhan, serta dilengkapi dengan fasilitas hospitality untuk menarik minat mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Desa Pelaga, Kopi Arabika, Pusat Budidaya
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2021 10:45
Last Modified: 09 Feb 2021 10:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23206

Actions (login required)

View Item View Item