LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT SENI RUPA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULER

Pienathan, Deo (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT SENI RUPA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Deo Pienathan)
1401154551.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1401154555.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1401154556.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan Seni, salah satu Seni di Indonesia yang sangat dominnan yaitu Seni Rupa. Seni Rupa di Indonesia tersebar diseluruh wilayah salah satunya adalah Yogyakarta yang kaya akan potensi kesenian khususnya pada seni rupa. Menanggapi tingginya minat masyarakat dan wisatawan terhadap seni Rupa, Serta banyaknya potensi seniman baru yang dimiliki, Perlu adanya wadah untuk mendukung hal tersebut maka perlu dibuatnya Pusat Seni Rupa di Yogyakarta yang meliputi Galeri / Ruang Pameran, kegiatan berkesenian, Pendidikan, Pelatihan , dan workshop. Pusat Seni Rupa di Yogyakarta dituntut sebagai tempat kegiatan pertemuan antara seniman dan masyarakat dalam bentuk komunikasi visual dengan arah pandang yang mengapresikan dan memberi kesan pada karya seni tersebut. para seniman di beri kesempatan untuk berkomunikasi dengan masyarakat dan antar seniman di dalam menunjukkan eksistensinya. Sekaligus berpartisipasi dalam meningkatkan mutu karya seni rupa di Indonesia khususnya Yogyakarta guna mengembangkan potensi seni rupa melalui pendidikan, pelatihan (workshop) dan memberikan nilai-nilai edukatif bagi pengunjung, serta sebagai pemasukan bagi seniman melalui kegiatan jual beli karya seni miliknya. Dari alasan-alasan tersebut Pusat Seni Rupa di Yogyakarta dituntut memiliki tampilan yang komunikatif melalui kenyamanan visual, tata ruang dalam dan luar bagi kegiatan-kegiatan di dalamnya. Sehingga minat pengunjung semakin antusias dengan adanya Pusat Seni Rupa di Yogyakarta, serta memberikan nilai-nilai edukatif . Pada perancangan bangunan pusat seni rupa menggunakan unsur budaya tradisional setempat / bangunan di sekitarnya dan unsur modern, sehingga pada bangunan pusat seni rupa tidak hanya sebagai wadah bagi para seniman dan pelaku seni rupa, tetapi dapat mencerminkan citra dari Kota Yogyakarta yang merupakan kota Syarat akan Budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat Seni Rupa, Kenyamanan Visual, Tata Ruang Dalam dan Luar, Komunikatif, Edukatif
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2021 10:55
Last Modified: 09 Feb 2021 10:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23207

Actions (login required)

View Item View Item