LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR FARMHOUSE BOYOLALI SIGNATURE WISATA EDUKASI BERBASIS PETERNAKAN SAPI MODERN

Cahyotomo, Irvanditya Anggit (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR FARMHOUSE BOYOLALI SIGNATURE WISATA EDUKASI BERBASIS PETERNAKAN SAPI MODERN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Irvanditya Anggit Cahyotomo)
1401157431.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1401157435.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1401157436.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB)

Abstract

Peternakan memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kementerian Pertanian menyebut sektor peternakan merupakan salah satu sub sektor yang menjadi motor penggerak pembangunan khususnya di wilayah pedesaan. Namun, sektor peternakan di Indonesia masih belum maksimal, jika kita melihat luas daratan di Indonesia yang mencapai jutaan kilometer persegi, masih sangat memungkinkan untuk memaksimalkan sektor peternakan di Indonesia. Keadaan alam Indonesia yang subur juga menjadi keuntungan tersendiri untuk memaksimalkan sektor peternakan. Akan tetapi, pada kenyataanya sektor peternakan kurang diminati terutama oleh kaum muda di Indonesia. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya peternakan untuk kelangsungan pangan di Indonesia serta dampaknya bagi perekonomian negara. Negara maju seperti Australia dapat memanfaatkan sumber daya mereka untuk memproduksi olahan sapi berkualitas serta mampu mengeskpor produk olahan mereka ke berbagai negara termasuk Indonesia. Hal ini harusnya dapat kita contoh mengingat sumber daya alam dan sumber daya manusia di Indonesia sangat melimpah. Salah satu cara untuk meningkatkan minat masyarakat di Indonesia tentang peternakan adalah dengan cara memberikan edukasi tentang peternakan dengan atmosfer yang menyenangkan. Menciptakan sarana edukasi yang menyenangkan diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat, cara yang dapat digunakan adalah menciptakan area peternakan yang dikemas dalam bentuk wisata edukasi dimana turis yang datang dapat merasakan langsung kegiatan yang ada di peternakan. Tentu saja hal itu harus diiringi dengan sarana yang memadahi, salah satunya dengan menciptakan area peternakan yang bersih, menarik dan menyenangkan layaknya sebuah factory visit yang dapat di akses secara umum. Peternakan yang sekaligus tempat wisata edukasi ini bertujuan untuk menjadi sarana edukasi tentang peternakan yang menyenangkan sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berternak dan lebih menghargai industri peternakan di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2021 11:33
Last Modified: 09 Feb 2021 11:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item