LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MENTAL HEALTH CARE, KECAMATAN BACIRO , DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN BIOPHILIC ARSITEKTUR

Putratama, Kurniawan Abednego (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MENTAL HEALTH CARE, KECAMATAN BACIRO , DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN BIOPHILIC ARSITEKTUR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kurniawan Abednego Putratama)
1501158441.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
1501158445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1501158446.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam dunia kesehatan terutama dalam segmen Mental Health menjadi permasalahan tersendiri. Permasalahan mental yang masih sering dianggap tabu oleh masyarakat. Dalam kacamata kesehatan itu sendiri permasalah mental health sama halnya dengan penyakit penyakit lain yang pada umumnya dapat disembuhkan akan tetapi menggunakan metode yang sedikit berbeda. Maka dari itu di desain Mental Health Care di Kota Yogyakarta karena sewajarnya seperti di kota kota besar lainnya gaya hidup dan permasalhan social juga cukup pelik di kota ini. Kualitas lingkungan pergaulan, didikan keluaga dalam menyelesaikan sebuah permasalah juga turut andil dalam permasalah Mental Health ini. Hidup penuh dengan tekanan adalah salah satu efek samping nya. Maka jawaban dari permasalahan ini adalah membuat sebuah fasilitas kesehtan yang dapat memperbaiki perilaku manusia dan menjadi sebuah self improvemet untuk manusia tersebut. Mental Health Care khusus dirancang dengasn memiliki tujuan menjawab permasalah mental health khususnya di Kota Yogyakarta ini. Dengan terencanakan konsep desain ini diharapkan dapat menaikan taraf kesehatan mental dengan metode penyembuhan menggunakan metode pendekatan Biophilic Architecture yang mendekatkan kembali manusia dengan alam karena pada hakikatnya manusia tidak dapat dijauhkan dengan alam dan alam sendiri dapat membantu manusia untuk fokus dan dapat mencari jawaban permasalah dari dalam diri sendiri.Menggunakan konsep Mindfullness yaitu mengerti dan befikir supaya manusia dapat memusatkan atensi mereka lalu pada akhirnya manusia akan menjadi individu yang lebih baik lagi daripada sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mental Health, Self Improvement, Dekat dengan alam, Atensi fokus , Kualitas ruang,
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Feb 2021 11:41
Last Modified: 09 Feb 2021 11:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23212

Actions (login required)

View Item View Item