LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PEMBANGUNAN PASAR TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN NEO-VERNAKULAR DI KAPUAS HULU

Yogi, Stefalis Yoriska (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PEMBANGUNAN PASAR TRADISIONAL DENGAN PENDEKATAN NEO-VERNAKULAR DI KAPUAS HULU. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Stefalis Yoriska Yogi)
1501160951.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
1501160955.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1501160956.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kapuas Hulu merupakan daerah tingkat II/kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Barat sekaligus berbatasan dengan Negara Bagian Serawak Malaysia Timur. Merupakan cerminan serta barometer keberhasilan pembangunan Republik Indonesia di mata Internasional. Kondisi ini berpengaruh pada sektor ekonomi perdagangan dan pembangunan daerah, agar terus berbenah diri untuk terus meningkatkan aksesibilitas pada pemanfaatan serta pengembangan ekonomi secara lebih optimal. Salah satu upaya dalam peningkatan ekonomi masyarakat melalui perencanaan pembangunan daerah yang dirasa penting ialah pembangunan pasar tradisional. Perencanaan dan perancangan Pasar Tradisional di Kabupaten Kapuas Hulu ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perdagangan di dalam wilayah Ibukota Kabupaten Kapuas Hulu,yang mana diharapkan dapat meningkatkan kualitas Kabupaten Kapuas Hulu sebagai Kawasan Wilayah Timur Kalimantan Barat dalam memacu pertumbuhan pembangunan di Kalimantan Barat terutama dari segi perdagangan dan jasa. Pendekatan desain arsitektur neo vernakular diterapkan pada fasad bangunan dengan mengambil elemen pembentuk fasad arsitektur tradisional di Kabupaten Kapuas Hulu yaitu rumah adat dayak atau rumah panjae/betang. Disamping itu, pembangunan pasar tradisional ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang agar dapat memenuhi kebutuhan semua pelaku di dalam pasar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Pasar Tradisional, Kabupaten Kapuas Hulu, Arsitektur Neo Vernakular
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2021 10:52
Last Modified: 10 Feb 2021 10:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23217

Actions (login required)

View Item View Item