LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GALERI SENI KRIYA (KAYU DAN TEKSTIL) ETNIS BATAK TOBA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR LOKAL DI MEDAN

Silalahi, Juli Indah (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GALERI SENI KRIYA (KAYU DAN TEKSTIL) ETNIS BATAK TOBA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR LOKAL DI MEDAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Juli Indah Silalahi)
1501162321.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1501162325.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1501162326.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada zaman era yang telah memasuki era modern sekarang ini, banyak anak muda khususnya remaja yang sudah mulai melupakan budaya Indonesia. Salah satunya adalah budaya seni kriya khususnya kriya kayu dan tekstil. Pada daerah Kota Medan, Sumatera Utara, seni kriya kriya kayu dan tekstil dapat ditemukan pada etnis batak toba seperti ukiran patung dan kain berupa ulos. Seni kriya sudah ada sejak lama akan tetapi kurangnya wadah untuk menampung kreatifitas para seniman dalam berkarya mengakibatkan karya seni ini mulai berkurang. Sedangkan para tourist banyak berdatangan untuk mempelajari dan membeli hasil karya seni tersebut. Keterbatasan jarak tempuh ke lokasi asal karya seni ini juga menjadi salah satu alasan mulai memudar. Untuk itu diharapkan Kota Medan dapat menunjang industri seni kriya ini agar dapat lebih berkembang dan memperkenalkan pada generasi muda agar mereka tetap mengenal dan mempelajari budaya lokal. Galeri ini juga diharapkan berfungsi sebagai tempat memamerkan karya seni kriya (kayu dan tekstil) yang dibuat dengan mesin maupun manual dan dapat dijual untuk meningkatkan pendapatan warga sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: seni kriya, galeri, kota medan
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2021 11:07
Last Modified: 10 Feb 2021 11:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23219

Actions (login required)

View Item View Item