PROSES PENGKOMUNIKASIAN IDENTITAS PRODUK MELALUI JINGLE IKLAN (Studi deskriptif-Kualitatif Tentang Proses Pengkomunikasian Indentitas Produksi Minuman Ale-Ale Malalui Lirik Jingle Iklan Ale-Ale Versi Duo Maia dan Andien)

Wahyono, Gregorius Nugroho Budi (2011) PROSES PENGKOMUNIKASIAN IDENTITAS PRODUK MELALUI JINGLE IKLAN (Studi deskriptif-Kualitatif Tentang Proses Pengkomunikasian Indentitas Produksi Minuman Ale-Ale Malalui Lirik Jingle Iklan Ale-Ale Versi Duo Maia dan Andien). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02300.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02300.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02300.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02300.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02300.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

`Ale-Ale sejak kelahirannya pada tahun 2007 selalu melakukan komunikasi dengan konsumennya menggunakan iklan berbasis Jingle. Dengan pendekatan komunikasi melalui Jingle iklan, Ale-Ale mampu mendapatkan tempat di benak konsumennya. Hingga pada akhirnya mendapatkan apresiasi dari konsumen dengan memperoleh penghargaan Indonesian Best Brand Award dua tahun berturut-turut pada tahun 2009 dan 2010. Melalui Duo Maia sebagai endorser di tahun 2010 dan Andien di tahun 2011, sekali lagi Ale-Ale memantapkan diri sebagai produk minuman yang digemari masyarakat dengan menyampaikan pesan penjualannya melalui iklan bertema Juara. Penelitian ini ingin menjelaskan bagaimana pengkomunikasian identitas produk Ale-Ale melalui lirik Jingle iklan sehingga dapat digunakan menjadi referensi dan menambah pengetahuan dalam bidang periklanan. Penelitian ini menggunakan beberapa pijakan teori yang terdiri dari proses komunikasi iklan secara efektif melalui penerapan prinsip VIPS. Penerapan prinsip VIPS yang terdiri dari Visibility, Identity, Promise, dan Singlemindedness diimplementasikan ke dalam proses penciptaan pesan yang efektif. Fokus penelitian ini ada pada bagian identity dari prinsip VIPS yang digunakan sebagai topik utama dan digabungkan dengan teori copywriting pada strategi penulisan lirik Jingle iklan. Identity sebuah produk yang terdiri dari elemen nama merek, logo, warna, desain kemasan, dan tagline dikomunikasikan oleh Ale-Ale melalui iklan berbasis Jingle. Sehingga bersinggunggan dengan strategi penulisan lirik Jingle iklannya. Pengkomunikasian identitas produk Ale-Ale dilakukan dengan cara memasukkan elemen nama merek dan tagline ke dalam lirik dengan strategi repetisi pada susunan liriknya. Dan dengan bantuan lirik, elemen logo, warna dan desain kemasan Ale-Ale dikreasikan secara visual untuk menciptakan pengkomunikasian identitas produk secara efektif. Pengkomunikasian identitas produk melalui lirik Jingle iklan Ale-Ale versi Juara Duo Maia pada akhirnya dapat dipahami oleh konsumen ketika dapat mengidentifikasi beberapa elemen identitas produk Ale-Ale. Identifikasi tersebut dapat dilakukan dengan cara melihat produk Ale-Ale dalam iklan melalui elemen nama merek, logo, warna, desain kemasan dan tagline. Pada akhirnya proses pengkomunikasian identitas produk Ale-Ale melalui lirik Jingle iklan versi Juara Duo Maia dan Andien dapat dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa elemen identitas produk yang dapat teridentifikasi oleh konsumen hanya pada elemen nama merek, logo, warna dan desain kemasan. Elemen tagline produk Ale-Ale tidak terkomunikasikan dengan efektif karena inkonsistensi penggunaan tagline yang dilakukan oleh tim kreatif atas keinginan klien.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 10:28
Last Modified: 19 Jun 2013 10:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item