LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARISTEKTUR RUMAH RETRET MILENIAL DI PEMATANG SIANTAR YANG MENDUKUNG INTERAKSI DENGAN SUASANA MEDITATIF

Sinambela, Mia Lisa Ivana Br. (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARISTEKTUR RUMAH RETRET MILENIAL DI PEMATANG SIANTAR YANG MENDUKUNG INTERAKSI DENGAN SUASANA MEDITATIF. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Mia Lisa Ivana Br. Sinambela)
1601163171.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1601163175.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1601163176.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstract

Di era globalisasi ini banyak kejadian yang menyebabkan dampak negatif dan dampak positif khususnya pada generasi milenial. Teknologi menjadi salah satu pengaruh yang besar bagi generasi milenial, sehingga tidak jarang milenial memiliki ketergantungan dan fanatik dalam menggunakan media sosial. Menurut Buku Statistik Gender Tematik, karena dibesarkan oleh teknologi milenial memiliki ciri kreatif dan informatif serta produktif namun mereka lebih berteman akrab dengan teknologi. Ketergantungan dengan teknologi membuat milenial memiliki sosialisasi rendah dan kurang berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan orang lain bahkan mempengaruhi mood. Jika tidak ditindaklanjuti, hal ini dapat memicu pengaruh yang tidak baik terhadap kehidupan milenial khususnya dalam hal sosialisasi dan mempengaruhi masa depan. Menanggapi hal ini, diperlukan wadah untuk melakukan kegiatan retret bagi milenial yaitu untuk menenangkan pikiran dan rehat sejenak dari kegiatan sehari-hari. Milenial juga berkesempatan meningkatkan interaksi langsung dengan sesama peserta lainnya. Karakteristik milenial yang suka dengan kebebasan serta memiliki suasana hati yang mudah berubah menjadi salah satu pertimbangan dalam mendesain rumah retret. Suasana ruang yang dapat mewadahi aktivitas milenial yaitu dengan ruang yang tidak membosankan namun meditatif sehingga mereka bisa merasakan kedamaian suasana hati dan sesuai dengan karakteristik milenial. Untuk mengemas hal ini diperlukan ruang yang dapat mewadahi perilaku milenial dengan pendekatan perilaku yang menekankan bahwa manusia merupakan makhluk berfikir yang mempunyai persepsi dan keputusan dalam interaksinya dengan lingkungan sehingga bagaimana caranya mempengaruhi manusia dengan hal positif melalui pengolahan bentuk ruang dan tatanan masa bangunan. Dengan demikian hal ini diyakini bahwa interaksi manusia dengan lingkungan bukanlah hal yang sederhana melainkan kompleks.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interaksi, Meditatif, Pendekatan Perilaku
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2021 12:51
Last Modified: 10 Feb 2021 12:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23223

Actions (login required)

View Item View Item