LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT INFORMASI PARIWISATA DAN AMENITAS WISATA GOA JEPANG DENGAN NILAI EDUKATIF MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI DESA SELOHARJO, KECAMATAN PUNDONG, KABUPATEN BANTUL, D. I. YOGYAKARTA

Yulianto, Kevin Aldo (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT INFORMASI PARIWISATA DAN AMENITAS WISATA GOA JEPANG DENGAN NILAI EDUKATIF MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI DESA SELOHARJO, KECAMATAN PUNDONG, KABUPATEN BANTUL, D. I. YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kevin Aldo Yulianto)
1601163351.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1601163355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1601163356.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Wisata Goa Jepang di Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul masih terbilang embrio dimana masih terdapat banyak kekurangan dan perlu untuk dikembangkan lagi. Sarana-sarana pendukung perlu dilakukan pengolahan ulang. Hal ini berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan. Wisata Goa jepang sebenarnya memiliki potensi yang kuat untuk menjadi tempat wisata yang menarik. Selain menawarkan goa-goa, pemandangan alam yang disajikan di sana juga sangat menarik. Melihat potensi ini, maka muncul sebuah ide untuk mengembangkan dan meningkatkan wisata Goa Jepang dengan membuat Pusat Informasi Pariwisata dan pengolahan tata ruang luar yang terdapat saran amenitas di dalamnya. Pusat Informasi Pariwisata ini bertujuan agar wisatawan dapat mengetahui, mendapatkan informasi dan pengetahuan lebih sekitar tentang Goa Jepang sebagai cagar budaya yang perlu dilestarikan sehingga nilai-nilai edukatif diterapkan pada bangunan ini. Bangunan Pusat Informasi Pariwisata juga didesain dengan pendekatan arsitektur kontekstual untuk menyelaraskan bangunan dengan sekitar sehingga nilai-nilai edukatif dapat diterima lebih efisien. Selain itu, tata ruang luar juga di desain dengan pendekatan kontekstual dengan nilai edukatif di dalamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Wisata Goa Jepang, Pusat Informasi Pariwisata, Amenitas, Edukatif, Kontekstual.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2021 13:12
Last Modified: 10 Feb 2021 13:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item