LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR YOUTH CENTRE DI KABUPATEN MAGELANG DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI REMAJA

Junianto, Romualdus Edi (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR YOUTH CENTRE DI KABUPATEN MAGELANG DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI REMAJA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Romualdus Edi Junianto)
1601163481.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
1601163485.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
1601163486.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Magelang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terbagi menjadi beberapa kecamatan. Kabupaten yang dikenal dengan isitilah “10 Bali Baru” memiliki beragam daya tarik wisata namun belum tersebar merata dan tidak didukung fasilitas penunjang. Kabupaten Magelang berdasarkan data penduduk mayoritas didominasi oleh remaja dan kaum muda. Institusi pendidikan menjadi tempat bagi remaja untuk aktivitas pendidikan formal. Kegiatan pendidikan tersebut hanya sebatas kegitan di sekolah belum mencukupi pengembangan minat bakat remaja untuk lebih optimal. Institusi pendidikan ini menjadi salah satu sasaran untuk pengadaan kegiatan informal. Kegiatan diluar sekolah tentunya tidak dapat diawasi oleh guru maupun orang tua yang berpotensi untuk tindakan kenakalan remaja. Perlunya wadah aktivitas yang mampu mengembangkan minat bakat ke arah yang lebih positif yaitu dengan kegiatan pendidikan informal diluar sekolah maupun kegiatan hiburan. Fasilitas yang didukung dari kegiatan seni, edukasi, dan olahraga diharapkan mampu mewadahi aktivitas kegiatan pendidikan informal maupun kegiatan hiburan atau rekreasi. Youth Centre di Kabupaten Magelang dirancang untuk menfasilitasi kegiatan kaum muda tersebut dengan basis seni, edukasi, dan olah raga sebagai solusi dari permasalahan remaja. seorang remaja cenderung memiliki karakter dinamis, dengan pendekatan psikologi remaja diharapkan dapat sesuai dengan kebutuhan remaja yaitu memiliki jiwa kreativitas melalui pengolahan arsitektur yaitu tata ruang dalam, tata ruang luar, dan fasade. Institusi pendidikan menjadi salah satu sasaran pelaku, Kecamatan Muntilan dipilih sebagai lokasi Youth Centre sebagai kecamatan dengan jumlah siswa dan institusi pendidikan terbanyak di Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Youth Centre, Kabupaten Magelang, Remaja, Dinamis, Kreatif, Seni, Edukasi, Olahraga, Psikologi Remaja.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2021 11:13
Last Modified: 11 Feb 2021 11:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23235

Actions (login required)

View Item View Item