LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GALERI BATIK DI KULON PROGO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK

Martanta, Monica Arellia Rakasiwi (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR GALERI BATIK DI KULON PROGO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR ORGANIK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Monica Arellia Rakasiwi Martanta)
1601163971.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
1601163975.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1601163976.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang salah satunya batik. Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki batik dan memiliki corak atau motif batik yag berbeda – beda sesuai dengan ciri khas daerah setempat. Sebagai salah satu daerh penghasil batik di Provinsi Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo memiliki industri sentra batik tepatnya di Kecamatan Lendah. Sentra ini sudah mulai berkembang sering dengan pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport. Adanya pembangunan di Kabupaten Kulon Progo ini menjadikan potensi untuk memperkenalkan batik Yogyakarta khususnya KulonProgo kepada masyarakat luas. Dengan perancangan Galeri Batik di Kulon Progo ini sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan kerajinan batik yang telah menjadi warisan turun temurun. Perancangan galeri Batik ini bertempat di kawasan aerotropolis Kulon Progo guna mendukung kelangsungan bandara. Galeri ini nantinya menjadi salah satu objek wisatawan untuk berekreasi. Metode yang digunakan dalam proses perancangan Galeri Batik di Kulon Progo ini menekankan suasana ruang yang rekreatif dan edukatif dengan menggunakan prinsip Arsitektur Organik. Hal tersebut yang kemudian menjadikan dasar pendekatan dalam Perancangan Galeri Battik di Kulon Progo. Pendekatan arsitektur organik ini menjadi alternatif untuk menciptakan Galeri Batik di Kulon Progo ini sesuai dengan arahan pembangunan yang menekankan pembangunan berbasis kelestarian alam dan lingungan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Batik, Aerotropolis, Arsitektur Organik
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Feb 2021 12:10
Last Modified: 11 Feb 2021 12:10
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23248

Actions (login required)

View Item View Item