Pamungkas, Catur (2011) POLA PENCIPTAAN BRAND EQUITY MELALUI MEDIA FILM (Studi Kasus Tentang Pola Penciptaan Brand Equity Paddle Pop Melalui Film Animasi Paddle Pop Kombatei). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02310.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02310.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2KOM02310.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3KOM02310.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02310.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Ekuitas merek dapat diciptakan melalui berbagai media, salah satunya adalah media film. Paddle Pop melalui film animasi Paddle Pop Kombatei, mengkomunikasikan pesan-pesan pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan dan bahkan meningkatkan ekuitas merek Paddle Pop. Film ini mencoba meningkatkan kesadaran merek, memperluas asosiasi merek, menciptakan persepsi positif terhadap merek, dan memberikan kepercayaan untuk bisa menjadi loyal terhadap merek Paddle Pop. Penelitian ini akan menggunakan teori-teori yang terkait dengan topik, yaitu teori ekuitas merek yang akan dikaitkan dengan teori film untuk menemukan sebuah pola penciptaan ekuitas merek. Penelitian ini bersifat studi kasus tentang merek Paddle Pop yang menggunakan media film untuk tujuan ekuitas merek. Metode pengumpulan data sendiri akan menggunakan FGD sebagai data primer dan studi literatur dan pustaka sebagai data sekunder. Film Paddle Pop Kombatei merupakan film hasil produksi kolaborasi dari beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Singapura. Film ini memiliki nilai cerita yang mengajarkan kebaikan, pantang menyerah, keberanian, dan banyak nilai-nilai moral lainnya. Selain itu film ini dapat menjadi representasi merek Paddle Pop karena memiliki kepribadian, identitas, serta juga termasuk kebijakankebijakan perusahaan. Hasil dari penelitian ini menemukan banyak data yang menarik. Kesadaran merek dapat diciptakan, asosiasi merek dapat diperluas dalam pemaknaan konsumen, persepsi positif terhadap merek Paddle Pop, dan menumbuhkan kepercayaan terhadap merek Paddle Pop itu sendiri. Data penelitian menunjukkan konsumen sulit memaknai peran sentral produk akantetapi konsumen memaknai bahwa sang tokoh utama yang menjadi penggerak cerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekuitas merek dapat diciptakan melalui unsur-unsur pembentuk film seperti narasi, tokoh, dan unsur sinematik. Loyalitas konsumen sebagai inti dari ekuitas merek berada dalam arti percaya dan yakin terhadap kepribadian, nilai-nilai, perilaku merek Paddle Pop sehingga konsumen loyal terhadap Paddle Pop.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ekuitas merek, film, pola persepsi |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Jun 2013 10:39 |
Last Modified: | 19 Jun 2013 10:39 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2325 |
Actions (login required)
View Item |