LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT WISATA KULINER DUSUN SANTAN, DESA GUWOSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR

Rudiyanto, Judith Heranydia (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT WISATA KULINER DUSUN SANTAN, DESA GUWOSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL, DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO-VERNAKULAR. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Judith Heranydia Rudiyanto)
1601164811.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1601164815.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1601164816.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstract

Dunia pariwisata di Indonnesia sedang gencar-gencarnya melakukan peningkatan kualitas pelayanan dalam sektor pariwisata untuk wisatawan. Baik wisatawan lokal maupunn mancanegara. Peningkatan kualitas ini tidak hanya terjadi pada pelayanan namun pada peningkatann fasilitas tempat yang disediakan. Fasilitas tempat yang baik dapat meningkatkannn jumlah wisatawan untuk berkunjung dan dapat meninggalkan kesan baik yang membekas kepada para wisatawan. Salah satu pariwisata yang sedang gencar-gencarnya sekarang ini adalah wisata kuliner. Wisata kuliner merupakan salah satu destinasi yang sering dipilih wisatawan saat berkunjung ke suatu tempat. Wisata kuliner merupakan pancingan untuk warga mancanegara agar berkunjung ke suatu daerah untuk mengenal kuliner khas daerah yang mereka kunjungi khususnya di Dusun Santan, Bantul, Yogyakarta. Jumlah wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta semakin hari semakin meningkat, sehingga memancinng suatu daerah untuk menunjukan keunggulannya. Di Dusun Santan, memiliki kuliner yang khas dan memiliki lokasi yang strategis untuk dijadikan sebagai Pusat Wisata Kuliner. Lokasinya bersebelahan dengan Sungai Bedog. Pendekatan Neo-Vernakular digunakan sebagai pendekatan desain dalam perancangan dan perencanaan pengembangan Pusat Wisata Kuliner di Dusun Santan. Pendekatann ini dapat membantu mempertahankan nilai-nilai kebudayaan dan kearifan lokal tetapi dikemas dengan bentuk modern sehingga memiliki kesan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Wisata Kuliner, Dusun Santan, Yogyakarta, Sungai Bedog, Pendekatan Neo-Vernakular
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Feb 2021 12:05
Last Modified: 15 Feb 2021 12:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item View Item