LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PETERNAKAN SAPI PERAH MODERN DI PAKEM, YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS

Soekarno, Jupiter Sindoro (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PETERNAKAN SAPI PERAH MODERN DI PAKEM, YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Jupiter Sindoro Soekarno)
1601166901.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
1601166905.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1601166906.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Sleman merupakan pemasok susu sapi perah terbesar yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan jumlah populasi sapi perah terbanyak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadikan Kabupaten Sleman memberikan produksi susu sapi perah paling besar di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, pada tahun-tahun terakhir para peternak yang ada di Kabupaten Sleman resah dengan ketidaktersediaan sumber daya manusia dikarenakan minimnya regenerasi peternak di Kabupaten Sleman. Hal ini dikarenakan minimnya minat generasi muda untuk menjadi peternak karena dianggap tidak menguntungkan. Padahal, pemerintah melalui programnya sudah berupaya meningkatkan produksi susu dalam negeri dengan menambahkan insentif pada peternak sapi perah dengan beragam fasilitas. Di sisi lain, industri pengolahan susu memiliki kebutuhan susu yang tinggi dan belum mampu tercukupi oleh para peternak sapi sehingga diadakannya impor susu. Mengkorelasikan antara kurangnya regenerasi peternak, produksi susu dan jumlah kebutuhan susu industri pengolah susu, maka diperlukan sebuah wadah untuk mengembangkan produksi susu dan meregenerasi peternak berupa Peternakan Sapi Perah Modern dimana peternak dapat memproduksi susu sapi dengan fasilitas produksi berstandar internasional yang akan menambah kualitas dan kuantitas hasil produksi susu sehingga dapat menyuplai industri pengolah susu serta diharap dapat meningkatkan minat generasi muda di Kabupaten Sleman khususnya untuk menjadi peternak dengan kemudahan produksi susu, insentif dari pemerintah dan fasilitas pendukungnya. Peternakan Sapi Perah Modern akan menggunakan pendekatan Arsitektur Ekologis yang akan memperhatikan hubungan antara bangunan dengan ekosistem disekitarnya agar tetap asri.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peternakan Sapi Perah Modern, Susu Sapi, Arsitektur Ekologis
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Feb 2021 12:43
Last Modified: 15 Feb 2021 12:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23265

Actions (login required)

View Item View Item