LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEMPAT WISATA KULINER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR VERNAKULAR KONTEMPORER DI DESA WISATA LOPATI, KECAMATAN SRANDAKAN, KABUPATEN BANTUL

Pawestri, Rinanda (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR TEMPAT WISATA KULINER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR VERNAKULAR KONTEMPORER DI DESA WISATA LOPATI, KECAMATAN SRANDAKAN, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rinanda Pawestri)
1601164971.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
1601164975.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
1601164976.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Desa Wisata Lopati, Srandakan sendiri merupakan salah satu desa di wilayah Bantul yang memiliki berbagai potensi. Salah satu potensi terbesar di Desa Wisata Lopati ialah potensi kuliner dan kerajinannya. Dengan era yang modern ini tentunya banyak berbagai macam makanan yang baru dan dengan adanya penelitian ini diharapkan untuk tetap mengembangkan dan melestarikan kuliner tradisional. Untuk mengembangkan potensi tersebut diperlukan sesuatu yang mampu memperlihatkan ciri khas desa wisata, seperti: museum, rumah makan, dan masih banyak lagi. Salah satu yang digunakan dalam pengembangan potensi di Desa Wisata Potensi adalah menciptakan Museum dan Pasar Kuliner di Desa Wisata Lopati, Srandakan, Bantul. Museum Potensi Lopati merupakan bangunan utama di dalam tempat wisata kuliner Lopati sendiri. Museum ini berisikan sejarah dan pengetahuan lain mengenai potensi-potensi yang ada di Desa Wisata Lopati. Dengan begitu, pengunjung yang datang nantinya mampu menerima pengetahuan tambahan mengenai potensi-potensi di Lopati. Selain Musuem, ada juga Pasar Kuliner sebagai bangunan inti dari tempat wisata kuliner Lopati. Pasar Kuliner berisikan makanan atau minuman khas Desa Wisata Lopati. Pengunjung yang datang mampu merasakan cita rasa makanan dan minuman khas Lopati. Selain menikmati kuliner, pengujung juga mampu menikmati pertunjukan seni di dalam Pasar Kuliner tersebut. Dalam menyusun perancangan tempat wisata ini tentunya menggunakan metode pengamatan dengan melakukan pengamatan langsung di lapangan dan melakukan analisis serta penarikan kesimpulan. Hasil perancangan ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang berguna bagi pembaca.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Pelestarian, Pariwisata, Kuliner Tradisional, Vernakular Kontemporer.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2021 09:09
Last Modified: 17 Feb 2021 09:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23267

Actions (login required)

View Item View Item