LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR KAWASAN WISATA ALAM BUDAYA DI DUSUN PELEMADU, DESA SRIHARJO, KECAMATAN IMOGIRI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL

Wibowo, Utami Monica Wibowo (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR KAWASAN WISATA ALAM BUDAYA DI DUSUN PELEMADU, DESA SRIHARJO, KECAMATAN IMOGIRI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sadewi Utami Monica Wibowo)
1601165171.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
1601165175.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
1601165176.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Konsep dasar penelitian ini dengan judul “Kawasan Wisata Alam Budaya di Dusun Pelemadu, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri dengan Pendekatan Arsitektur Kontekstual”. Terletak di Dusun Pelemadu, Desa Sriharjo merupakan salah satu area dalam pengembangannya menjadi desa wisata di Kabupaten Bantul. Dusun ini memiliki beragam objek wisata yang unik berupa obyek alam adanya sungai opak dan lembah bambu sor-ory, serta kebudayaan lokal dari masyarakat padukuhan Pelemadu seperti jatilan, karawitan, dan gejog lesung. Terdapat pula objek wisata dari aspek UMKM berupa pengolahan rempeyek Pelemadu, tercatat ada 30 home industry rempeyek yang masih bertahan di dusun Pelemadu. Dusun pelemadu membutuhkan area untuk memberikan tempat bagi kelompok-kelompok seni, kegiatan masyarakat dan membantu meningkatkan perekonomian. Masalah utama dari penelitian ini adalah bagaimana wadah atau tempat yang dapat menjadikannya daya tarik wisata terhadap potensi sekitarnya dan dapat menampung segala kegiatan dan kebutuhan wisatawan-nya. Untuk mengatasi masalah tersebut, pertama, adanya strategi desain yaitu ingin adanya hubungan timbal balik dari lingkungan dan sekitarnya terhadap kawasan wisata. Kedua, menerapkan arsitektur kontekstual dalam pengolahan tata ruang luar dan tata ruang dalam pada kawasan wisata. Ketiga, menggabungkan budaya lokal dan alam dengan arsitektur kontekstual dalam satu bentuk, struktur, material dan fungsi. Sehingga, bangunan ini diharapkan dapat mencakup semua aspek daerah di dusun Pelemadu serta menjadi area komersial dan menarik bagi warga setempat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kawasan wisata alam budaya, arsitektur kontekstual, desa wisata alam budaya, daya tarik desa wisata.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2021 09:41
Last Modified: 17 Feb 2021 09:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item