LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR MUSEUM LINGKUNGAN SUNGAI SIDOARJO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR SENSORI

Gu, Antonius Juliant Ronaldo Dhay (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR MUSEUM LINGKUNGAN SUNGAI SIDOARJO DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR SENSORI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Antonius Juliant Ronaldo Dhay Gu)
1601165331.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
1601165335.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
1601165336.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kota Sidoarjo memiliki beberapa julukan salah satunya adalah kota Delta. Delta merujuk pada suatu daratan yang terbentuk dari sedimentasi pada hilir sungai. Berdasarkan pernyataan diatas, masyarakat Sidoarjo memiliki keterkaitan dengan sungai. Namun kondisi sungai yang telah rusak dan tidak terawat oleh masyarakat Sidoarjo sendiri, memudarkan julukan Delta tersebut pada kota Sidoarjo. Masalah utama sungai adalah sampah. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan merawat sungai dari pencemaran sampah masih kurang. Untuk mengatasi permasalahan sungai perlu adanya edukasi, pemahaman, dan penyuluhan mengenai sungai dan pentingnya sungai bagi memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Sidoarjo dan sungai sebagai identitas kota Sidoarjo. Museum Lingkungan Sungai Sidoarjo adalah suatu museum yang terletak di kecamatan Sidoarjo yang menyimpan benda pameran dan display & wahana interaktif yang berkaitan dengan objek pengamatan yakni sungai. Ruang pameran dirancang dengan menerapkan penekanan desain arsitektur sensori. Arsitektur Sensori “Atmospheres” oleh Peter Zumthor bertujuan untuk mengeksplorasi dimensi makna konseptual dan transedental dalam ruang arsitektur. Dengan menciptakan atmosfir ruang pameran dapat memperdalam informasi yang diterima oleh pengguna museum, sehingga menghasilkan ruang dalam dan luar pameran yang berkesan interaktif dan ikonis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2021 10:22
Last Modified: 17 Feb 2021 10:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item View Item