LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT DOKUMENTASI MUSIK TRADISIONAL JAWA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

Siahaya, Aletheia Deandra (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT DOKUMENTASI MUSIK TRADISIONAL JAWA DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aletheia Deandra Siahaya)
1601165761.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1601165765.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1601165766.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Pusat Dokumentasi Musik Tradisional Jawa merupakan salah satu sarana edukasi yang informal bagi generasi muda maupun masyarakat secara umum di Yogyakarta. Dalam mewujudkan bangunan Pusat Dokumentasi Musik Tradisional Jawa di Yogyakarta dibutuhkan karakter edukatif dan karakter rekreatif. Karakter edukatif perlu diterapkan pada bangunan ini karena fungsi dari bangunan ini sendiri sebagai sarana edukasi, selain itu juga penerapan karakter edukatif dapat lebih menekankan adanya edukasi yang dapat diberikan kepada pengunjung melalui bangunan ini. Karakter rekreatif perlu diterapkan pada bangunan ini karena dalam mengedukasi pengunjung, adanya karakter rekreatif dapat memberikan suasana edukasi yang menarik dan menyenangkan bagi pengunjung. Karakter edukatif dan rekreatif ini diterapkan melalui pengolahan tata ruang luar dan tata ruang dalam. Pusat Dokumentasi Musik Tradisional Jawa dengan fungsi utama bangunannya sebagai sarana edukasi musik tradisional jawa, diwujudkan dengan pendekatan arsitektur kontemporer yang diterapkan pada bangunan. Melalui arsitektur kontemporer, dapat tercipta kombinasi antara zaman, yaitu tradisional dan masa sekarang yang saling mendukung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat Dokumentasi Musik Tradisional Jawa, Arsitektur Kontemporer, Edukatif dan Rekreatif, Tata Ruang Luar dan Tata Ruang Dalam.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2021 16:14
Last Modified: 17 Feb 2021 16:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23278

Actions (login required)

View Item View Item