PERSEPSI ONLINE FREELANCER TERHADAP EFEKTIVITAS ATRIBUT-ATRIBUT MEDIA KOMUNIKASI BISNIS BERBASIS INTERNET

Premana, PaulusWidhi Arya (2011) PERSEPSI ONLINE FREELANCER TERHADAP EFEKTIVITAS ATRIBUT-ATRIBUT MEDIA KOMUNIKASI BISNIS BERBASIS INTERNET. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02515.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02515.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02515.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02515.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02515.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan e-marketing, muncul sistem baru di dunia pemasaran dan bisnis berbasis internet yang disebut crowdsourcing. Crowdsourcing diartikan secara kata per kata mempunyai terjemahan bebas yakni: crowd: kerumunan orang, sourcing (kata kerja dari source): sumberdaya. Apabila digabungkan (masih dalam terjemahan bebas) akan berarti sebagai sesuatu sistem atau konsep yang sumber daya berbasis kerumunan. Definisi sederhana crowdsourcing adalah suatu aktifitas atau tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau institusi yang mengambil salah satu fungsi pekerjaan/tugas yang seharusnya dilakukan oleh karyawannya disebarluaskan secara terbuka dan bebas untuk orang banyak/kerumunan yang terkoneksi dengan jaringan komputer. Perkembangan crowdsourcing inilah yang menjadi topik utama dalam penelitian ini, alat-alat komunikasi pemasaran secara tradisional yaitu advertising, sales promotion, personal selling, public relations, dan direct marketing dapat digantikan fungsinya oleh aplikasi dan fitur yang ada dalam komunikasi bisnis berbasis internet crowdsourcing yang membentuk sistem komunikasi hypermedia di kalangan online freelancer Gantibaju.com. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan peristiwa, perilaku atau obyek tertentu lainnya. Termasuk dalam statistik deskriptif antara lain adalah penyajian data melalui tabel, grafik, diagram lingkaran, pictogram, perhitungan modus, median, mean (pengukuran tendensi sentral), perhitungan desil, persentil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan prosentase. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi terhadap atribut komunikasi bisnis dalam sistem crowdsourcing com bagi kalangan online freelancer di situs Gantibaju.com dinilai sudah efektif. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan atrbut yang diteliti mendapat nilai 4,98 dan berada pada rentang nilai efektif, dimana rentang nilai efektif yaitu 4,6 < X ≤5,8

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Crowdsourcing, online freelancer, persepsi, atribut komunikasi bisnis internet, e-commerce
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 10:44
Last Modified: 19 Jun 2013 10:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item