PERANCANGAN SISTEM MONITORING MULTIPLE NETWORK MENGGUNAKAN PLATFORM ELASTIC STACK (STUDI KASUS: PT. JEDI GLOBAL TEKNOLOGI)

Handika, Vian (2020) PERANCANGAN SISTEM MONITORING MULTIPLE NETWORK MENGGUNAKAN PLATFORM ELASTIC STACK (STUDI KASUS: PT. JEDI GLOBAL TEKNOLOGI). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Vian Handika)
1607089751.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1607089754.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1607089755.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT. Jedi Global Teknologi (Jedi Solutions) adalah salah satu anak perusahaan / member dari PT. Computrade Technology International (CTI Group) yang berpusat di Jakarta. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2018 dan bergerak di bidang manage service network, dan berfokus pada skala businesses atau enterphrise. Sebagai penyedia manage service network, Jedi solutions menawarkan layanan penuh seperti pemasangan, pengoperasian, pemeliharaan, monitoring, dan menganalisis kinerja jaringan client untuk kepentingan kelancaran operasional jaringan client. Jedi solutions juga bekerja sama dengan beragam vendor hardware network untuk keperluan variasi yang dibutuhkan client. Oleh karena layanan monitoring jaringan pada client yang dilakukan oleh tim Network Operations Center (NOC) masih menggunakan dashboard monitoring dari masing-masing vendor hardware dan client, tentunya hal tersebut tidak efektif bagi tim NOC dalam menjalankan layanan monitoring dalam deteksi awal masalah jaringan. Dengan permasalahan efektifitas layanan tersebut yang menjadi latar belakang dari perancangan sistem untuk monitoring jaringan dari setiap client menjadi single dashboard menggunakan platform Elastic Stack agar tim NOC dapat memantau atau mendeteksi masalah awal pada jaringan client dengan lebih efektif. Elastic stack adalah sekelompok produk open source dari Elastic yang dirancang untuk membantu pengguna mengambil data dari berbagai jenis sumber dengan berbagai format, keperluan mencari serta menganalisis data, dan memvisualisasikan data tersebut secara real time. Perancangan sistem monitoring jaringan menggunakan Elastic Stack dalam penulisan ini menggunakan komposisi komponen Heartbeat sebagai pengirim data, Elasticsearch sebagai mesin pencari serta analisis, dan Kibana sebagai visualisasi data. Dengan konsep end-to-end yang terpisah dari setiap service, hal ini sangat mendukung untuk membuat single dashboard monitoring jaringan dari semua client. Sehingga dalam menjalankan layanan monitoring dapat dilakukan dengan hanya membuka satu panel dashboard saja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: network monitoring system, elastic stack, single dashboard
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2021 19:00
Last Modified: 23 Feb 2021 19:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23336

Actions (login required)

View Item View Item