KEWIRAUSAHAAN SOSIAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH YAYASAN TIRTA ALAM BUMI BERTUAH (Studi Kasus pada Pengelola UMKM YTABB di Kota Pekanbaru)

Safitri, Ignatia Friska (2020) KEWIRAUSAHAAN SOSIAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH YAYASAN TIRTA ALAM BUMI BERTUAH (Studi Kasus pada Pengelola UMKM YTABB di Kota Pekanbaru). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ignatia Friska Safitri)
1610058861.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1610058862.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
1610058863.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)

Abstract

Pengangguran dan kemiskinan menjadi masalah utama yang dihadapi di Indonesia, mengingat tingkat pengangguran yang masih tinggi menjadi kendala utama. Tingginya angka pengangguran dan kemiskinan serta rendahnya kesejahteraan hidup yang didominasi oleh kaum muda masih menjadi hal yang sulit ditangani oleh pemerintah Indonesia saat ini. Salah satu penyebab dari berbagai permasalahan sosial ini yaitu terbatasnya lapangan pekerjaan serta kurangnya minat untuk berwirausaha. Oleh karena itu, hal yang dibutuhkan saat ini yaitu pemikiran baru yang dapat membantu mengatasi permasalahan sosial tersebut seperti kewirausahaan sosial. Kewirausahaan sosial merupakan suatu konsep kewirausahaan yang mengutamakan aktivitas sosial dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Usaha Mikro Kecil dan Menengah Yayasan Tirta Alam Bumi bertuah aktif melibatkan diri menjadi bagian dari pengembangan kewirausahaan sosial. Kewirausahaan sosial yang dilakukan UMKM YTABB ini dengan menumbuhkan minat berwirausaha kaum muda di Kota Pekanbaru. Kaum muda dipilih oleh pengelola UMKM YTABB karena mereka sebagai generasi penerus yang juga merupakan agen perubahan sosial yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peran UMKM Yayasan Tirta Alam Bumi Bertuah dalam mengembangkan kewirausahaan sosial. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualititatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode logika perjodohan pola dan pembuatan eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewirausahaan sosial bisa dikatakan sebagai terobosan baru dalam bentuk aktivitas ekonomi untuk mengatasi masalah sosial yang melibatkan sumber daya secara inovatif terutama anak muda untuk membuat perubahan sosial. Melalui bidang UMKM YTABB dikembangkan kewirausahaan sosial untuk mengatasi permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar dengan menanamkan semangat berpikir dan niat yang besar untuk menjadi seorang wirausaha pada generasi muda. UMKM YTABB berhasil membantu kaum muda dalam menciptakan usaha sosial, seperti Windi Novianty pada usaha Pondok Oleh-Olehnya dan inovasinya dengan mendiversifikasi produk, Yoga Prastika pada usaha Kopi Tani dan inovasinya dengan memberikan varian rasa kekinian, dan Erdinal Fansyuri pada usaha Pecel Lele dengan inovasinya menciptakan menu baru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan sosial, anak muda
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Feb 2021 20:35
Last Modified: 24 Feb 2021 20:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23360

Actions (login required)

View Item View Item