Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pemindahan Bandara Yogyakarta Dengan Metode SentiStrength Pada Media Sosial Twitter

Librian, Evan Dwi (2020) Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pemindahan Bandara Yogyakarta Dengan Metode SentiStrength Pada Media Sosial Twitter. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Evan Dwi Librian)
1507084351.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
1507084354.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
1507084355.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bandar udara atau biasa disebut dengan bandara merupakan sebuah fasilitas untuk pesawat terbang agar dapat mendarat dan lepas landas. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 250 bandara, tidak sedikit dari masyarakat lebih memilih menggunakan alat transportasi udara karena waktu perjalanan yang relatif singkat dibandingan dengan alat transportasi lainnya. Di Indonesia sendiri pembangunan bandara terus dilakukan, seperti yang baru–baru terjadi dikota Yogyakarta yaitu proyek pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyakarat terhadap perpindahan bandara Yogyakarta di Kulonprogo, disini penulis menggunakan metode Sentistrength pada media sosial Twitter untuk membuat klasifikasi sentimen Analisis. Sentimen analisis ini juga bisa digunakan sebagai kesimpulan dalam mengukur suatu kepuasan masyarakat terhadap pemindahan bandara baru di Kulon Progo. Penggunaan metode Sentistrength ini dilakukan dengan mengkategorikan setiap sentimen publik kedalam beberapa kategori yaitu positif, negatif dan netral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sentimen masyarakat terhadap perpindahan bandara Yogyakarta berbeda-beda dengan nilai sentimen netral lebih mendominasi sebanyak 63,82% dari 20.330 jumlah data. Kemudian untuk sentimen positif sebanyak 20,56% dan negatif sebanyak 15,62%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Sentistrength, Python, Twitter, NYIA.
Subjects: Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Feb 2021 10:20
Last Modified: 25 Feb 2021 10:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23369

Actions (login required)

View Item View Item