SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KOST DI BABARSARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB

Widiatmoko, Robertus Teguh (2020) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KOST DI BABARSARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Robertus Teguh Widiatmoko)
1607087791.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1607087794.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text
1607087795.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan provinsi di Indonesia yang terkenal sebagai Kota Pelajar. Banyaknya faktor serta sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung. Salah satu faktor pendukung dalam menentukan suksesnya pendidikan di Yogyakarta adalah tempat tinggal. Sebagian besar mahasiswa berasal dari luar kota sehingga keberadaan fasilitas tempat tinggal menjadi kebutuhan pokok bagi mereka salah satunya seperti kost. Banyaknya kost dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan menjadi pertimbangan bagi pengguna, dalam menentukan pilihan. Hal ini mengakibatkan pendatang yang berasal dari luar kota merasa kesulitan dan kebingungan dalam mencari kost yang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pemilihan kost yang dapat membantu untuk memilih kost dengan tepat. Pengembangan SPK dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Metode ini memberikan rekomendasi kost sesuai keinginan pengguna berdasarkan kriteria biaya, keamanan, fasilitas, jarak. Sistem ini dibangun berbasis website sehingga manfaatnya dapat digunakan oleh pengguna yaitu memudahkan untuk mencari kost. Dari penelitian yang dilakukan dan hasil pengujian aplikasi, penulis sudah berhasil merancang dan membangun Sistem Pendukung Keputusan dalam memilih tempat kost dengan menerapkan metode AHP. Aplikasi yang dibangun ini berhasil membantu pengguna menentukan pilihan kost sesuai dengan kriteria unggulan hasil dari perbandingan kriteria yang diatur oleh pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analytical Hierarchy Process (AHP), Kost.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 25 Feb 2021 13:09
Last Modified: 25 Feb 2021 13:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23375

Actions (login required)

View Item View Item