Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir Learning Management System Menggunakan Pengukuran End-User Computing Satisfaction (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Anjaya, Gusti Putu Ricky (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Akhir Learning Management System Menggunakan Pengukuran End-User Computing Satisfaction (Studi Kasus: Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Gusti Putu Ricky Anjaya)
1617089771.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1617089773.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
1617089774.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Munculnya pandemi COVID-19 saat ini telah mengubah proses pelaksanaan pendidikan di seluruh dunia menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau daring seutuhnya. Di Indonesia, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan mengeluarkan kebijakan bagi institusi pendidikan tinggi untuk wajib melakukan akvitias pembelajaran secara daring. Kebijakan tersebut membuat Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di Yogyakarta melalui surat edaran rektor mengeluarkan kebijakan pelaksanaan perkuliahan wajib dilakukan secara daring melalui Situs Kuliah. Situs Kuliah sebagai learning management system di UAJY awalnya tidak wajib digunakan karena hanya berperan sebagai pendukung kegiatan akademik / blended learning. Tetapi, kini di tengah pandemi penerapan Situs Kuliah wajib untuk digunakan oleh dosen dan mahasiswa untuk dapat melakukan aktivitas akademiknya secara daring. Penggunaan Situs Kuliah yang diwajibkan saat ini belum diketahui apakah telah mampu memuaskan penggunanya berkaitan dengan keberhasilan penerapannya. Pengukuran kepuasan pengguna sistem akan sangat bermanfaat ketika pengunaannya bersifat mandatori atau wajib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan dosen dan mahasiswa terhadap Situs Kuliah menggunakan teori dan model End-User Computing Satisfaction (EUCS) dari Doll dan Torkzadeh serta faktor yang berhubungan terhadap kepuasan pengguna Situs Kuliah. Populasi pada penelitian ini adalah dosen tetap dan mahasiswa aktif strata 1 yang menggunakan Situs Kuliah di tengah pandemi sekarang. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa dosen dan mahasiswa telah memiliki tingkat kepuasan yang baik terhadap penerapan situs kuliah saat ini dan juga didapati bahwa kelima faktor EUCS memilki hubungan yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan dosen dan mahasiswa terhadap Situs Kuliah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pengguna Sistem; End-User Computing Satisfaction; Sistem Informasi; Learning Management System; E-Learning.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Feb 2021 10:54
Last Modified: 26 Feb 2021 10:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23381

Actions (login required)

View Item View Item