ANALISIS KEBUTUHAN PERANCANGAN ULANG APLIKASI MOBILE TEMAN BUMIL MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM (STUDI KASUS: PT. GLOBAL URBAN ESENSIAL)

Kuswandi, Meiliani (2020) ANALISIS KEBUTUHAN PERANCANGAN ULANG APLIKASI MOBILE TEMAN BUMIL MENGGUNAKAN FRAMEWORK SCRUM (STUDI KASUS: PT. GLOBAL URBAN ESENSIAL). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Meiliani Kuswandi)
1617090801.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1617090803.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Text
1617090804.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Melihat potensi startup healthtech yang terus bermunculan di Indonesia, tentunya perusahaan harus terus menciptakan inovasi untuk tetap dapat bersaing dengan kompetitor yang sudah ada maupun yang akan hadir, salah satunya adalah dengan melakukan revamp atau proses untuk mengubah tampilan dan user journey. Seperti yang dilakukan salah satu perusahaan startup healthtech yakni PT. Global Urban Esensial pada salah satu produknya yaitu aplikasi Teman Bumil. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan proses perancangan ulang tampilan dan user journey pada aplikasi Teman Bumil dengan metode perancangan yang digunakan adalah framework Scrum. Tahapan Scrum yang dilakukan yaitu first meeting, sprint planning meeting, sprint, sprint review meeting dan sprint retrospective meeting. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Melalui penelitian ini diketahui bahwa perancangan ulang dilakukan untuk mengubah tampilan dan memperbaiki experience dengan mempersingkat flow penggunaan aplikasi, serta proses dokumentasi perancangan aplikasi menggunakan panduan product requirements document yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu user requirements, halaman antarmuka, dan flowchart.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Ulang; Scrum; Teman Bumil.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Feb 2021 10:59
Last Modified: 26 Feb 2021 10:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23382

Actions (login required)

View Item View Item