ANALISIS KINERJA PUTARAN BALIK (U-TURN) (Studi Kasus: U-TURN Jalan Wates KM 5 – Depan Pasar Gamping)

PATTIAPON, CHRISTIAN GILBERT (2020) ANALISIS KINERJA PUTARAN BALIK (U-TURN) (Studi Kasus: U-TURN Jalan Wates KM 5 – Depan Pasar Gamping). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TS015588.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS115588.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS215588.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS312588.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS415588.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
TS515588.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS615588.pdf

Download (989kB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan kendaran bermotor di Kota Yogyakarta terus mengalami peningkatan tiap tahun. Tetapi tidak diiringi pertambahan kapasitas jalan atau ruas jalan yang cukup berarti. Akibatnya, sering terjadi kemacetan di jalan protokol pada jam sibuk. Pada jalan protokol terdapat prasarana bukaan median yang desediakan untuk mempermudah kendaraan yang akan memutar arah. Dengan adanya kendaraan yang memutar menyebabkan berkurangnya kecepatan dari kendaraan yang searah dan menyebabkan tundaan kendaraan pada arah berlawanan. Hal-hal tersebut menunjukan adanya pengaruh fasilitas u-turn pada kinerja jalan. Penelitian Tugas akhir ini dilakukan di Lokasi u-turn Jalan Wates KM 5 – Depan Pasar Gamping Kota Yogyakarta. Penelitian selama dua hari pada hari Senin, 14 September 2019 dan Sabtu, 12 September 2019. Dengan waktu penelitian ada 2 tahap pada pukul 06.30 – 8.30 wib, dan 15.00 – 17.00 wib. Dengan interval waktu setiap 15 menit. Data yang diambil pada penelitian ini diantaranya volume lalu lintas, hambatan samping, waktu dan kecepatan tempuh, volume kendaraan yang memutar, panjang antrian, waktu tundaan dan waktu memutar. Dari hasil analisis penelitian, maka diperoleh arus lalu lintas ke arah barat : 2999,65 skr/jam dan ke arah timur : 2849,10 skr/jam, hambatan samping ke arah timur kategori rendah dan ke arah barat kategori rendah, kecepatan tempuh ke arah barat : 35,53 km/jam dan ke arah timur : 38,86 km/jam, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan ke arah barat : 0,861 (kategori kelas E) dan ke arah timur : 0,818 (kategori kelas D). Volume memutar pada jam puncak : 303,2 skr/jam. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa fasilitas u-turn mempengaruhi kinerja jalan yang meliputi perubahan arus lalu lintas sesudah u-turn untuk ke arah barat dari 2999,65 skr/jam menjadi 2696,45 skr/jam dan untuk ke arah timur dari 2849,10 skr/jam menjadi 2545,90 skr/jam karena adanya arus memutar. Perubahan derajat kejenuhan ke arah barat dari 0,861 menjadi 0,773 dan untuk ke arah timur dari 0,818 menjadi 0,731 karena perubahan besar arus kendaraan. Perubahan kecepatan tempuh untuk arah selatan sebesar 41,9%, dan arah utara 34,7 % yang di pengaruhi anjang antrian,waktu memutar dan waktu tundaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: u-turn, kinerja, ruas jalan, pengaruh.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Feb 2021 11:20
Last Modified: 26 Feb 2021 11:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23384

Actions (login required)

View Item View Item