PERBAIKAN TEMPAT KERJA UKM X DALAM RANGKA MEMPEROLEH SERTIFIKAT PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA

Hasim, Andrea Veren Devinda (2020) PERBAIKAN TEMPAT KERJA UKM X DALAM RANGKA MEMPEROLEH SERTIFIKAT PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Andrea Veren Devinda Hasim)
1606086961.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1606086963.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
1606086964.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
1606086965.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sertifikasi Produksi Pangan Rumah Tangga (SPP-IRT) menjadi jaminan bahwa produk pangan yang diedarkan oleh suatu industri rumah tangga sudah memenuhi persyaratan untuk diedarkan. Pelaku usaha yang telah mendapatkan izin ini dapat mengedarkan produknya ke skala besar dengan resmi. UKM X merupakan industri rumah tangga yang memproduksi beragam produk kue seperti kue kering dan kue basah. Untuk mengedarkan produknya ke skala besar UKM X melakukan sertifikasi untuk mendapatkan nomor P-IRT. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha untuk mengurus SPP-IRT adalah sarana produksi memenuhi syarat seperti yang tertera dalam daftar periksa Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT), namun sarana produksi UKM X masih memiliki beberapa ketidaksesuaian untuk mencapai ketentuan yang disyaratkan dalam CPPB-IRT. Hasil analisis menggunakan daftar periksa CPPB-IRT menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian sebanyak 1 kategori major, 4 kategori serius, dan 4 kategori kritis. Perbaikan ketidaksesuaian dilakukan dengan mengadopsi cara perbaikan yang dimunculkan dari alternatif perbaikan pada manual program Work Improvement for Safe Home. Perbaikan juga dilakukan dengan melakukan perancangan tata letak menggunakan software BLOCPLAN. Rancangan tata letak ini juga bertujuan untuk pemisahan area produksi dan dapur serta penambahan fasilitas pencucian tangan dan inventori packaging di area produksi. Usulan perbaikan yang diimplementasikan menjadikan UKM X tergolong pada level I yaitu tidak terdapat ketidaksesuaian melebihi dari yang disyaratkan. Perbaikan pada area produksi menghasilkan area terpisah antara dapur dengan area produksi, serta penambahan fasilitas pencucian tangan seperti yang disyaratkan dalam CPPB-IRT.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Produksi Pangan Rumah Tangga, Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga, Work Improvement for Safe Home, tata letak, BLOCPLAN.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Mar 2021 09:42
Last Modified: 01 Mar 2021 09:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item View Item