PENGGUNAAN TEKNIK SIMULASI UNTUK PENENTUAN TARGET KUNJUNGAN KAPAL DI 6 DERMAGA PT. PELINDO III CABANG TANJUNG INTAN CILACAP

Setyabudi, Kristian Dwi Cahya (2021) PENGGUNAAN TEKNIK SIMULASI UNTUK PENENTUAN TARGET KUNJUNGAN KAPAL DI 6 DERMAGA PT. PELINDO III CABANG TANJUNG INTAN CILACAP. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Kristian Dwi Cahya Setyabudi)
1606089391.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text
1606089393.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
1606089394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
1606089395.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
1606089396.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

PT. Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap merupakan perusahaan penyedia jasa pelayanan bongkar muat dari berbagai komoditi seperti batubara, biji gandum, biji kedelai, aspal cair, raw sugar, dan berbagai komoditi lainnya. PT. Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap terletak di di Klega, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap. Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Pada perusahaan PT. Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap terdapat 6 dermaga yang digunakan untuk melakukan proses pengerjaan bongkar muat, sehingga 6 dermaga harus digunakan secara optimal untuk mendapatkan profit maksimum untuk perusahaan tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan nilai persentase BOR dan teknik simulasi untuk mencari keuntungan dengan nilai persentase BOR yang sudah menunjukkan standar optimal disetiap dermaga Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Standar persentase BOR yang optimal adalah sebesar 65% hingga 80%. Nilai persentase BOR bertujuan untuk menunjukkan keoptimalan penggunaan suatu dermaga. Teknik simulasi digunakan untuk melakukan simulasi terhadap data bongkar muat dermaga di PT. Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap guna mendapatkan profit yang maksimal. Hasil dari penelitian ini adalah target kunjungan kapal sesuai dengan perhitungan nilai persentase BOR di setiap dermaga Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap yang akan diusulkan kepada pihak perusahan PT. Pelindo III Cabang Tanjung Intan Cilacap guna mendapatkan profit yang maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: OR, simulasi, bongkat muat, dermaga, target kunjungan kapal.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 02 Mar 2021 19:52
Last Modified: 02 Mar 2021 19:52
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23420

Actions (login required)

View Item View Item