LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGRALOKA KONSERVASI TERUMBU KARANG DI PANTAI WEDIOMBO DENGAN PENDEKATAN EKOLOGI

LAKSONO, YOSUA DODI BOWO (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGRALOKA KONSERVASI TERUMBU KARANG DI PANTAI WEDIOMBO DENGAN PENDEKATAN EKOLOGI. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 015941.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 115941.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 215941.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 315941.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 415941.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TA 515941.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA 615941.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pantai Wediombo di Gunungkidul merupakan pantai yang tidak hanya kaya akan potensi pariwisata, namun juga kaya akan potensi historis geologi yaitu terumbu karang yang menjadi penentu akan kesehatan ekologi disana. Terumbu karang juga dapat berdampak pada jumlah tangkapan ikan penduduk karena merupakan rumah bagi benih – benih ikan. Kondisi terumbu karang yang kurang baik dan berpotensi memburuk apabila banyaknya pengunjung tidak dapat dikontrol, sehingga kebutuhan akan fasilitas konservasi dan akomodasi pengunjung menjadi urgensi. Melalui RIPARDA Kabupaten Gunungkidul, pemerintah memberikan dukungan untuk terwujudnya fasilitas tersebut. Menggabungkan dua fasilitas memerlukan perlakuan khusus karena masing – masing memiliki kebutuhan yang berbeda, ditambah lokasi site yang masih asri. Permasalahan ini diselesaikan dengan menganalisis jenis penginapan yang sesuai, yaitu sanggraloka / resort dan fasilitas konservasi yang digabungkan melalui pendekatan ekologi untuk dapat membangun dengan meminimalisir kerusakan alam yang ditimbulkannya. Diterapkan spesifikasi arsitektural atraktif dan edukatif pada Sanggraloka Konservasi Terumbu Karang di Pantai Wediombo dengan mengolah tata ruang luar dan tata ruang dalamnya yang agar mampu menarik dan mengedukasi pengunjungnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Atraktif, Edukatif, Ekologi
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:40
Last Modified: 04 Mar 2021 08:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23430

Actions (login required)

View Item View Item