Pengaruh Kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan Terhadap Kegagalan Tender Proyek Konstruksi di Kabupaten Bantul

Subagiyo, . (2021) Pengaruh Kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan Terhadap Kegagalan Tender Proyek Konstruksi di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Subagiyo)
tdk pubs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) terhadap kegagalan tender proyek konstruksi pemerintah di Kabupaten Bantul. (2) pengaruh kompetensi Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan terhadap kegagalan tender proyek konstruksi pemerintah di Kabupaten Bantul. (3) pengaruh kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan terhadap kegagalan tender proyek konstruksi pemerintah di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden dari penelitian ini adalah pegawai yang terlibat dalam proses tender proyek konstruksi di instansi Pemerintah Kabupaten Bantul dan Kontraktor di Kabupaten Bantul dari tiga asosiasi, yaitu Gapensi, Gapeknas dan Askonas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah model simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 63 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) berpengaruh terhadap tender proyek konstruksi di Kabupaten Bantul. Pengujian menghasilkan nilai koefisien pengaruh kompetensi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) terhadap Kegagalan Tender Proyek Konstruksi dengan nilai (p value 0.000 < 0,005). Hasil uji-t statistik sebesar 6,600, lebih besar dari ttabel 1,96. (2) kompetensi Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan berpengaruh terhadap tender proyek konstruksi di Kabupaten Bantul. Pengujian menghasilkan nilai koefisien pengaruh kompetensi Pokja Pemilihan terhadap Kegagalan Tender Proyek Konstruksi dengan nilai (p value 0.001 < 0,005). Hasil uji-t statistik sebesar 3,324 lebih besar dari t-tabel 1,96. (3) kompetensi PPK dan Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan secara bersama berpengaruh dan berkontribusi sebesar 41,4% terhadap kegagalan tender proyek konstruksi di Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi PPK, Kompetensi Pokja Pemilihan, Kegagalan Tender Proyek Kontruksi
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 04 Mar 2021 10:48
Last Modified: 04 Mar 2021 10:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item View Item