PENYUSUNAN STRATEGI KREATIF IKLAN “TEH BOTOL SOSRO” PRODUKSI MATARI ADVERTISING JAKARTA DALAM MENJANGKAU AWARENESS MASYARAKAT

Abhinawa, Carolus Boromeus Bhanu (2011) PENYUSUNAN STRATEGI KREATIF IKLAN “TEH BOTOL SOSRO” PRODUKSI MATARI ADVERTISING JAKARTA DALAM MENJANGKAU AWARENESS MASYARAKAT. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02727.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02727.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02727.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02727.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02727.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Strategi memegang peranan penting dalam penentuan keberhasilan iklan, maka dibutuhkan suatu strategi kreatif untuk mengenalkan produk tersebut di mata konsumen sekaligus dapat menanamkan image di benak konsumen yang bersifat menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan. Selama Kuliah Kerja Lapangan (KKL) terdahulu, peneliti tertarik untuk mengangkat topik yang berkaitan dengan Strategi Kreatif Iklan. Berdasarkan Latar Belakang, maka Skripsi ini ingin melihat “Bagaimana Penyusunan Strategi Kreatif Iklan Teh Botol Sosro dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya”. Untuk melihat proses tersebut, peneliti menggunakan konsep Kreatif dan Brand Awareness dengan menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Lokasi Skripsi di Matari Advertising Jakarta. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan hal yang menarik dalam proses braindstorming antara klien dengan Matari. Hal menarik tersebut adanya kekompakan antara klien dengan tim kreatif Teh Botol Sosro, kekompakan tersebut terlihat ketika tim kreatif mempresentasikan ide besar pesan iklan kepada klien. Ide tersebut langsung diberi respon yang baik oleh klien. Tim kreatif memberikan beberapa contoh peran yang kemudian dipilih oleh klien. Terpilihlah seorang tukang bangunan, eksekutif muda dengan sekretarisnya kemudian guru SD. Pemilihan tersebut berdasarkan pada peran untuk mengarah kepada pesan iklan. Klien menyetujui hal itu, lalu meminta untuk melakukan eksekusi sesuai dengan storyboard yang dibuat oleh art director dan copywriter. Penyusunan strategi kreatif iklan Teh Botol Sosro versi peran ini dimulai dari pertemuan klien dengan pihak Matari Advertising. Proses meeting dilakukan untuk membahas kelengkapan mengenai produk Teh Botol Sosro yang dilakukan oleh Brand Manager Teh Botol sosro selaku orang yang tahu persis dengan produk ini. Tim kreatif bersama dengan klien membuat kesepakatan, bahwa versi peran yang akan dieksekusi untuk menjadi sebuah tayangan iklan. Dipimpin oleh Director Eugene Panji, seorang sutradara yang mampu menghidupkan cerita dari storyboard yang telah dibuat. Melihat bagaimana iklan ini sukses dengan cara mengadakan event Teh Botol Sosro yang menyiapkan stand – stand makanan dengan minuman Teh Botol Sosro, untuk melihat kesuksesan ini hanya dilihat dari banyaknya orang yang mengunjungi acara tersebut / awareness. Secara keseluruhan peneliti mengambil kesimpulan bahwa hubungan baik antara klien dan pihak Matari bisa membuat iklan ini cepat dieksekusi. Proses pengambilan ide kecil ke dalam ide besar hanya dilakukan dua kali braindstorming sehingga didapat versi peran ini. Tim kreatif yang terdiri dari Creative director, art drector dan copywriter bekerja dengan baik, sehingga seluruh permasalahan yang terjadi bisa diselesaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Iklan, Brand Awareness, Tim Kreatif
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 12:56
Last Modified: 19 Jun 2013 12:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item