PROSES PEMBENTUKAN CITRA MODERN GAMELAN SEBAGAI PRODUK BUDAYA MELALUI KOMPONENKOMPONEN DALAM IKLAN GAMELAN UNITED

PURBAYEKTI, ARIYA DAMAR (2011) PROSES PEMBENTUKAN CITRA MODERN GAMELAN SEBAGAI PRODUK BUDAYA MELALUI KOMPONENKOMPONEN DALAM IKLAN GAMELAN UNITED. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02781.pdf

Download (381Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02781.pdf

Download (312Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02781.pdf

Download (595Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02781.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02781.pdf

Download (3751Kb)

Abstract

Gamelan sebagai produk budaya asli memiliki stigma negatif di kalangan generasi muda sehingga generasi muda semakin jauh dengan produk budaya bangsanya sendiri. Sama seperti sebuah produk barang atau jasa, gamelan sebagai produk budaya harus memiliki citra yang baik supaya dapat diminati oleh masyarakat dan dapat bersaing dengan produk budaya pop yang lebih banyak dijumpai oleh generasi muda. Citra adalah kesan suatu objek terhadap objek lain yang terbentuk dengan memproses informasi setiap waktu dari berbagai sumber yang didapatnya sedangkan citra merek adalah persepsi tentang sebuah merek yang direfleksikan melalui asosiasi yang berada di dalam benak konsumen. Bagaimana citra gamelan dibangun melalui komponenkomponen di dalam iklan adalah rumusan permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian mengenai pembentukan citra gamelan melalui iklan yang dilakukan oleh penulis ini berada dalam tataran bagaimana sumber (komunikator) merumuskan pesan iklan dengan ujuan untuk pembentukan citra gamelan. Guna melihat pembentukan citra gamelan di dalam iklan, penulis mengamatinya dari komponen-komponen atau unsur-unsur yang digunakan untuk menyampaikan pesan iklan tersebut. Tahap pertama dalam melakukan penelitian adalah mengetahui informasi umum mengenai iklan seperti obyektif, pesan utama, daya tarik, target sasaran dan pendekatan kreatif yang digunakan. Tahap selanjutnya adalah menganalisis komponen apa saja yang terdapat di dalam iklan tersebut, dan apa peran masingmasing komponen untuk membangun citra. Obyektif iklan Gamelan United adalah untuk membangun citra gamelan sebagai instrumen musik yang dapat menjadi media berekspresi generasi muda berusaha dicapai dengan mengemas pesan bahwa gamelan adalah instrumen musik yang fleksibel, dinamis dan adaptif melalui komponen copy dan visual yang terdapat dalam iklan. Kedua komponen ini berfungsi untuk mempengarui target audience dalam mepersepsikan gamelan dan pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana target sasaran mencitrakan gamelan. Copy, visual, daya tarik dan pendekatan iklan berfungsi sebagai jalur pemaknaan dan simpulsimpul informasi yang dapat menggiring target audience untuk memproses informasi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh tim kreatif pembuat iklan. Dari penelitian yang dilakukan maka penulis dapat memperoleh kesimpulan komponen-komponen dipakai untuk membangun citra adalah komponen verbal yang berupa copywriting dan komponen non verbal visual berupa ilustrasi pesan iklan, warna simbol dan ikon. Komponen-komponen dalam iklan tersebut digunakan sebagai sarana atau media untuk menyampaikan informasi untuk menggiring target sasaran untuk mengasosiasikan gamelan sebagai instrumen musik yang adapatif, dinamis dan fleksibel. Citra gamelan dibangun dengan mengemas pesan iklan dan diaplikasikan dalam bentuk komponen verbal dan komponen non verbal yang terdapat dalam iklan, komponen tersebut dipakai sebagai media untuk menyampaikan informasi yang akan xiv menghantarkan target sasaran untuk memproses informasi yang disajikan sesuai dengan obyektif iklan yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gamelan, iklan,copywriting, visualisasi iklan, asosiasi dan citra
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 13:12
Last Modified: 19 Jun 2013 13:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item