PERAN MEDIA SOSIAL “RUANG DAYAK” DALAM MENGURANGI STIGMA KEBUDAYAAN DAYAK

Frelians, Pricilla Pascadeany (2019) PERAN MEDIA SOSIAL “RUANG DAYAK” DALAM MENGURANGI STIGMA KEBUDAYAAN DAYAK. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Pricilla Pascadeany Frelians)
1755026781.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1755026783.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
1755026784.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk peran media sosial dalam mengurangi stigma kebudayaan. Penelitian ini melibatkan wawancara dengan pihak founder media sosial “Ruang Dayak” serta followers “Ruang Dayak” di Instagram, Facebook dan Twitter yang berjumlah empat orang sebagai sumber triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stigma pada kebudayaan Dayak termasuk pada jenis stigma berupa prasangka, stereotip, dan label. Stigma tersebut muncul karena kurangnya pengetahuan dan informasi tentang kebudayaan Dayak. Persebaran informasi di media sosial yang adalah new media dan cepat menjadikan media sosial berkonten kebudayaan berpotensi berperan dalam mengurangi stigma kebudayaan dengan mengoptimalkan pendekatan pendidikan lewat persebaran informasi. Meskipun persebaran informasi yang tergolong dalam pendekatan pendidikan dianggap memiliki efek yang minim dan sementara untuk mengurangi stigma, dengan memberi informasi yang cukup dan dapat dipercaya dapat mengatasi dasar dari munculnya suatu stigma kebudayaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Dayak, Media Sosial, New Media, Pengurangan Stigma, Peran Media Sosial, Stigma, Stigma Kebudayaan
Subjects: Magister Ilmu Komunikasi > Manajemen Komunikasi Publik
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 15 Mar 2021 17:07
Last Modified: 15 Mar 2021 17:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23517

Actions (login required)

View Item View Item