PENGARUH PASIR BERMACAM GRADASI DENGAN CAMPURAN GROUND GRANULATED BLAST FURNACE SLAG (GGBFS) TERHADAP NILAI CBR TANAH LEMPUNG

KARTIKA SARI, MARIA IVANA (2019) PENGARUH PASIR BERMACAM GRADASI DENGAN CAMPURAN GROUND GRANULATED BLAST FURNACE SLAG (GGBFS) TERHADAP NILAI CBR TANAH LEMPUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
Awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (531kB) | Preview

Abstract

Tanah merupakan bagian terpenting untuk tumpuan dalam konstruksi bangunan. Apabila tanah dasar merupakan lempung maka memiliki daya dukung kompresible yang rendah dan sensitif terhadap perubahan kadar air. Sehingga diperlukan perbaikan tanah dengan meneliti nilai CBR tanah lempung yang dicampur dengan pasir berbagai macam gradasi dan Ground Granulated Blast Furnace Slag (GGBFS) dengan tujuan memperbaiki sifat – sifat mekanis tanah lempung. Metode perbaikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mencampur tanah asli dengan bahan berupa pasir sebagai bahan stabilisasi dengan persentase bahan 30% dan 40% pasir. Uji fisis dan mekanis yang dilakukan meliputi: batas cair, batas plastis, pemadatan, dan CBR. Selanjutnya hasil terbaik akan dicampur bahan stabilisasi berupa Ground Granulated Blast Furnace Slag (GGBFS) dengan persentase 5%, 10%, 15%, dan 20%. Parameter uji yang dilakukan yaitu CBR. Hasil uji menunjukan batas cair menurun dari 54% dari tanah asli menjadi 34% pada penambahan 40% pasir, nilai indeks plastisitas menurun dari 18,02% dari tanah asli menjadi 10,06% pada penambahan 40% pasir. Berat volume maksimum meningkat dari 1,41 gram/cm3 pada tanah asli menjadi 1,45% gram/cm3 pada penambahan 40% pasir dan kadar air optimum menurun dari 19,45% pada tanah asli menjadi 12,40% pada penambahan 40% pasir. Nilai CBR tanah asli sebesar 11,80% meningkat menjadi 24,93% setelah pencampuran tanah asli dengan 40% pasir bergradasi baik dan 20% GGBFS masa pemeraman 28 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai CBR, Pasir, Ground Granulated Blast Furnace Slag (GGBFS)
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Mar 2021 10:27
Last Modified: 15 Mar 2021 10:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23519

Actions (login required)

View Item View Item