PERTENTANGAN PRINSIP KEADILAN ANTARA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM PEMBERIAN KOMPENSASI ATAS TANAH, BANGUNAN DAN/ATAU TANAMAN PADA PEMBANGUNAN JARINGAN TRANSMISI TENAGA LISTRIK

Trianto, Gregorius Adi (2020) PERTENTANGAN PRINSIP KEADILAN ANTARA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DALAM PEMBERIAN KOMPENSASI ATAS TANAH, BANGUNAN DAN/ATAU TANAMAN PADA PEMBANGUNAN JARINGAN TRANSMISI TENAGA LISTRIK. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Gregorius Adi Trianto)
1752027501.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1752027503.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
1752027504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)

Abstract

Meningkatnya kebutuhan sektor ketenagalistrikan untuk mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi negara memerlukan percepatan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, baik pembangkit tenaga listrik maupun gardu induk dan jaringan transmisi tenaga listrik. Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan masuk dalam kategori pembangunan untuk kepentingan umum. Pada pembangunan jaringan transmisi tenaga listrik memerlukan lintasan ruang bebas dengan menggunakan tanah, bangunan dan/atau tanaman yang ada di bawahnya secara tidak langsung. Akibatnya, tanah, bangunan dan/atau tanaman di bawah lintasan jaringan transmisi akan berkurang nilai ekonominya. Pemerintah mengatur pemberian kompensasi atas tanah, bangunan dan/atau tanaman yang berada di bawah ruang bebas jaringan transmisi tenaga listrik melalui peraturan perundag-undangan. Pemberian kompensasi sering menimbulkan permasalahan, beberapa peristiwa bahkan berlanjut menjadi konflik fisik dan perkara hukum di pengadilan. Terdapat pertentangan prinsip keadilan, dimana keadilan hukum menurut peraturan perundang-undangan berhadapan dengan fakta sosial masyarakat pemegang hak yang merasakan ketidakadilan dan menganggap kompensasi pemerintah tidak sebanding dengan dampak yang akan dialami oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengkaji prinsip keadilan dalam pemberian kompensasi, mengetahui dan mengkaji penyebab terjadinya perbedaan prinsip keadilan antara pemerintah dan masyarakat, serta mengkaji solusi atas perbedaan prinsip keadilan dalam kerangka penelitian hukum normatif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prinsip keadilan, kompensasi, transmisi tenaga listrik.
Subjects: Magister Ilmu Hukum > Litigasi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 15 Mar 2021 11:42
Last Modified: 15 Mar 2021 11:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23522

Actions (login required)

View Item View Item