KETERTARIKAN KHALAYAK PEREMPUAN YOGYAKARTA TERHADAP ISI PROGRAM BERITA SEPUTAR JOGJA DI JOGJA TV

Simbolon, Phila Delvia Hayati (2011) KETERTARIKAN KHALAYAK PEREMPUAN YOGYAKARTA TERHADAP ISI PROGRAM BERITA SEPUTAR JOGJA DI JOGJA TV. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02784.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02784.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02784.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02784.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02784.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stasiun televisi setiap harinya menyajikan berbagai jenis program yang jumlahnya sangat banyak dan jenisnya sangat beragam untuk itu pengelola stasiun penyiaran dituntut memiliki kreativitas seluas mungkin menghasilkan berbagai program yang menarik. Penelitian ini mencoba melihat munculnya daya tarik yaitu pada program berita/ news. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, stasiun televisi juga semakin terus bertambah dengan adanya stasiun televisi lokal dan komunitas yang berada khusus di daerah-daerah di Indonesia. Penelitian ini memilih Jogja TV karena salah satu program berita unggulannya yaitu Seputar Jogja, menyajikan berita-berita yang dianggap memiliki kekuatan dibandingkan televisi nasional. Kekuatan stasiun televisi lokal terletak pada kelokalannya itu sendiri, yaitu membawa nilai-nilai luhur budaya daerah, dengan mengangkat budaya dan kearifan lokal yang hidup dan berkembang di masyarakat. Maka dari itu televisi lokal dituntut untuk menciptakan, memproduksi dan mengemas suatu program lokal yang benar-benar menarik dan dekat dengan masyarakat. Penelitian ini memilih perempuan sebagai respondennya bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketertarikan khalayak perempuan Yogyakarta terhadap sebuah progam berita. Sesuai dengan tujuannya, maka penelitian ini bersifat kualitatif dan memilih metode deskriptif Focus Group Discussion (FGD), yakni penelitian ini berusaha mengamati fenomena, menggambarkan serta menganalisa faktor apa saja dan alasanalasan yang mempengaruhi khalayak perempuan Yogyakarta menonton program berita “Seputar Jogja” di Jogja TV dengan melihat isi dan kemasan dari program tersebut. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor daya tarik terletak pada situasi yang dimiliki sebagai pribadi yang menjadi bagian dari masyarakat menjadi hal yang sama dengan Seputar Jogja yaitu keberadaannya sama-sama di Yogyakarta (similarity), mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, serta perbandinganperbandingan program ini dengan program lainnya menjadi kelebihan pendukung daya tarik. Selain itu Seputar Jogja dan Jogja TV yang dapat dikatakan berperan menjadi Press Release karena kelebihannya memenuhi kebutuhan pemirsanya (familiarty). Dapat diartikan bahwa bagi pemirsanya yang tertarik untuk terus mengetahui dan melihat perkembangan kebutuhan pada sesuatu informasi yang terkait diri sendiri, tentunya akan menunggu berita apa lagi yang akan disiarkan Jogja TV mengenai hal tersebut (liking). Adapula yang menjadi faktor ketidaktertarikan pemirsanya pada program ini yaitu cara presenter dalam menyampaikan berita. Melihat hal ini ternyata penampilan (physic) secara keseluruhan sangat penting dalam mendukung isi dari berita dan menentukan layak tidaknya sebuah program berita disimak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 13:33
Last Modified: 19 Jun 2013 13:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item