Sabrina, Oriza Maya (2020) BRAND ASSOCIATION DAN PERCEIVED QUALITY DARI KOSMETIK MEREK LOKAL EMINA COSMETICS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Oriza Maya Sabrina)
1409052761.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
1409052762.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text
1409052763.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana Brand Association dan Perceived Quality dari merek kosmetik lokal Emina Cosmetics. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Brand Association dan Perceived Quality dari Emina Cosmetics sebagai merek kosmetik lokal Indonesia. Emina Cosmetics merupakan merek produk kecantikan yang diluncurkan oleh PT Paragon Technology and Innovation pada tahun 2015. PT Paragon Technology merupakan sebuah perusahaan manufaktur kosmetik nasional terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Nurhayati Subakat pada tahun 1985. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner secara online yang dibagi ke dua sekolah homogen perempuan yang ada di Yogyakarta. Analisis persepsi konsumen dalam penelitian ini menggunakan dua elemen brand equity dari Aaker (1991) yaitu brand association dan perceived quality. Salah satu alasan mengapa merek asing lebih disukai dibandingkan dengan merek lokal adalah karena adanya persepsi konsumen yang mengganggap kualitas produk merek asing lebih unggul dibandingkan dengan kualitas produk merek lokal. Pengertian merek lokal dalam penelitian ini diambil dari salah satu kategori utama prespektif asal merek yang ditemukan oleh Tjiptono (2008) yaitu Original Local Brands yang merupakan kategori asal merek dimana merek tersebut berasal dari negara tempat produk tersebut di produksi dan pemilik dari perusahaan tersebut adalah orang dari negara yang sama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa asosiasi yang dimiliki oleh Emina Cosmetics positif di mana images yang dibangun selama ini tertanam dengan baik di benak konsumennya. Pada dimensi perceived quality menunjukkan bahwa persepsi kualitas dari responden terhadap Emina Cosmetics memiliki importance yang lebih tinggi daripada performance sehingga belum memenuhi tingkat kepentingan dari atribut produk itu sendiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Original Local Brand, Brand Association, Perceived Quality, Emina Cosmetics |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | editor2 dua uajy |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 13:29 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 13:29 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23543 |
Actions (login required)
View Item |