POSITIONING UANG ELEKTRONIK BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING (Studi Deskriptif Positioning OVO, GoPay, DANA dan LinkAja di Yogyakarta)

Juliani, Fenny (2020) POSITIONING UANG ELEKTRONIK BERDASARKAN PERCEPTUAL MAPPING (Studi Deskriptif Positioning OVO, GoPay, DANA dan LinkAja di Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Fenny Juliani)
1509057411.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
1509057413.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
1509057414.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan produk uang elektronik di Indonesia dari tahun 2018 hingga saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal tersebut membuat banyaknya produk uang elektronik baru beredar di pasaran. Oleh karena penelitian ini bermaksud untuk membahas persepsi para pengguna uang elektronik yang nantinya dapat dijadikan perbandingan positioning produk uang elektronik dari keempat brand yang saat ini sedang menguasai pasar di Indonesia, yaitu OVO, GoPay, DANA dan LinkAja. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi, maskukan dan juga saran kepada ke-empat produk uang elektronik tersebut ataupun produk uang elektronik lainnya untuk membangun strategi yang lebih baik kedepannya untuk mendapatkan positioning yang baik di benak pengguna. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 yang memenuhi kriteria peneliti, yaitu para pengguna uang elektronik yang memiliki dan sudah pernah bertransaksi di ke-empat produk uang elektronik OVO,GoPay, DANA dan OVO. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis persentase responden, Arithmatic Mean dan analisis Perceptual Mapping, Hasil analisis pada penelitian ini yaitu produk uang elektronik GoPay mendapatkan positioning terbaik dari ke-tiga produk uang elektronik lainnya. Kemudian diposisi selanjutnya disusul oleh OVO yang bersaing ketat dengan GoPay, di beberapa atribut OVO juga berhasil mengalahkan GoPay. Selanjutnya DANA berada diposisi ketiga yang juga bersaing ketat dengan GoPay dan dibeberapa atribut DANA berhasil mengalahkan GoPay dan OVO. Selanjutnya LinkAja berada pada posisi terakhir, yang mana terdapat gap yang cukup luas dengan ke-tiga produk uang elektronik lainnya. Oleh sebab itu LinkAja perlu untuk meningkatkan kualitas produk dan strategi pemasaran untuk mendapatkan persepsi yang kuat di benak para pengguna uang elektronik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Uang Elektronik, Persepsi, Positioning, Perceptual Mapping
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 18 Mar 2021 14:28
Last Modified: 18 Mar 2021 14:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23548

Actions (login required)

View Item View Item