REPRESENTASI PEREMPUAN MASKULIN DALAM IKLAN TVC (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Pond’s ​ White Beauty Facial Foam ​ Edisi Gadis Petinju)

Agata, Isma Aulia (2020) REPRESENTASI PEREMPUAN MASKULIN DALAM IKLAN TVC (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Pond’s ​ White Beauty Facial Foam ​ Edisi Gadis Petinju). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Isma Aulia Agata)
1609060761.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
1609060762.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
1609060763.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Banyak dijumpai iklan sebuah produk perawatan dan kecantikan menampilkan citra perempuan “cantik” dengan kulit putih, mulus, rambut panjang, tubuh langsing, dan lain sebagainya. Dalam hal ini citra perempuan lebih mengarah pada sisi feminin. Akan tetapi, berbeda dengan iklan TVC Pond’s White Facial Foam tahun 2019 yang menampilkan seorang gadis petinju dan mengenakan hijab, di mana tinju identik dengan laki-laki maskulin. Menarik untuk mengetahui pesan apa yang coba disampaikan dalam iklan tersebut. Penelitian ini membahas tentang bagaimana representasi perempuan maskulin dalam bingkai iklan TVC yang diperoleh dari analisis teks dengan menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui representasi perempuan maskulin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian yaitu analisis teks dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Objek penelitian ini adalah iklan Pond’s ​ White Beauty Facial Foam ​Edisi Gadis Petinju. Data primer penelitian ini adalah iklan yang disiarkan melalui televisi yaitu iklan ​ Pond’s ​​ White Beauty Facial Foam ​​ edisi Gadis Petinju. Sementara, data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang dapat mendukung penelitian ini baik berupa jurnal, arsip atau buku, dan referensi lainnya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik pengamatan (observasi), dokumentasi dan studi pustaka. Analisis teks dengan pendekatan semiotika Roland Barthes dilakukan dengan menginterpretasi tanda-tanda yang terdapat dalam iklan kemudian dikaitkan dengan beberapa aspek salah satunya budaya, di mana nantinya akan menghasilkan sebuah makna dengan tingkatan pemaknaan yang berbeda yakni, denotasi, konotasi, dan mitos. Mitos yang muncul adalah adanya penggambaran ideologi feminisme melalui karakter kepribadian seorang anak perempuan yang direpresentasikan dalam tokoh utama si gadis petinju. Dalam hal ini, perempuan juga bisa melakukan hal yang biasa dilakukan oleh laki-laki, di mana hal ini selaras dengan ideologi feminisme yang menyuarakan bahwa perempuan dan laki-laki itu setara. Hasil penelitian ini adalah representasi perempuan maskulin dalam iklan ini digambarkan pada karakter kepribadian si tokoh utama yang maskulin seperti berani, tangguh, fisik yang kuat, gigih, pantang menyerah, memiliki tekad yang bulat, dan lain sebagainya. Penelitian ini menunjukkan bahwa maskulin tidak hanya tertuju pada laki-laki (secara fisik), namun maskulin di sini adalah karakter kepribadian individu tanpa memandang gender.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Representasi, Perempuan maskulin.
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 19 Mar 2021 12:13
Last Modified: 19 Mar 2021 12:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23562

Actions (login required)

View Item View Item