KUALITAS MINUMAN PROBIOTIK BERBAHAN DASAR NABATI DENGAN PERLAKUAN SUPLEMENTASI SUKROSA DAN VARIASI KULTUR BAKTERI ASAM LAKTAT

Rahmawati, Felicia Desi Nora (2020) KUALITAS MINUMAN PROBIOTIK BERBAHAN DASAR NABATI DENGAN PERLAKUAN SUPLEMENTASI SUKROSA DAN VARIASI KULTUR BAKTERI ASAM LAKTAT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Felicia Desi Nora Rahmawati)
160801712.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Minuman probiotik yang umumnya dikenal oleh masyarakat diolah menggunakan bahan dasar susu sapi dengan harga relatif mahal. Diversifikasi bahan nabati menjadi alternatif pengganti susu sebagai bahan dasar minuman probiotik yang diolah dengan cara modern bertujuan agar produk dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum dengan harga yang lebih terjangkau. Pengembangan pengolahan minuman probiotik berbahan dasar nabati mengacu pada kandungan gizi yang beragam pada bahan nabati dan pemanfaatan bahan nabati yang kurang bernilai di suatu daerah. Bahan nabati seperti buah dan sayur memiliki nutrisi yang baik sehingga bahan nabati cocok menjadi media bagi pertumbuhan bakteri asam laktat. Suplemen probiotik yang banyak digunakan sebagai starter minuman probiotik berasal dari genus Lactobacilllus dan Bifidobacterium. Kelayakan dan standar konsumsi berdasarkan parameter kimia, fisikokimia, mikrobiologi, dan organoleptik dipengaruhi oleh perlakuan selama proses pengolahan minuman probiotik seperti suplementasi gula dan variasi suplemen probiotik. Penggunaan bahan nabati sebagai substrat bakteri asam laktat dan perlakuan selama pengolahan menentukan kualitas akhir produk minuman probiotik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minuman probiotik, bahan nabati, bakteri asam laktat, perlakuan, kualitas
Subjects: Teknobiologi > Tekno Industri
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 25 Mar 2021 09:53
Last Modified: 25 Mar 2021 09:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23603

Actions (login required)

View Item View Item