PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA WISANGGENI COFFEE YOGYAKARTA

Putra, Stefan Dimas Aji (2019) PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA WISANGGENI COFFEE YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
EA 021431.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA 121431.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA 221431.pdf

Download (437kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA 321431.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[img] Text (BAB IV)
EA 421431.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA 521431.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Biaya promosi yang dikeluarkan oleh usaha jasa akan menjadi faktor pengurang dalam perhitungan laba rugi yang akan diterima. Selain biaya promosi,faktor dependen dalam perhitungan laba rugi adalah tingkat penjualan. Dalam definisi yang ada biaya promosi harus memiliki nilai pengaruh positif terhadap tingkat penjualan, terlebih untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar dewasa ini. Coffee shop menjadi salah satu jenis usaha jasa yang sangat diminati di Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisanggeni Coffee yang masuk kedalam segmen pasar coffee shop ini nyatanya belum pernah melakukan penelitian maupun kajian ilmiah atas pengaruh biaya promosi terhadap tingkat penjualan, hal tersebut dalam perkembangannya menimbulkan polemik keyakinan bagi pihak manajemen. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi penulis mengumpulkan data data yang ada. Data kualitatif digunakan untuk membangun kerangka berpikir penulis, sedangkan data kuantitatif akan digunakan dalam pengujian ilmiah. Data kuantitatif yang berupa biaya promosi (variabel X) dan tingkat penjualan (variabel Y) selama Juli 2018 sampai dengan Agustus 2019 tersebut akan diuji menggunakan regresi linear sederhana, hipotesis, dan koefisien determinasi dengan bantuan media program dalam komputer yaitu SPSS. Namun sebelumnya penulis telah memiliki hipotesis berupa H0: Tidak ada pengaruh signifikan antara biaya promosi (variabel X) dengan tingkat penjualan (variabel Y) dan Ha: Ada pengaruh signifikan antara biaya promosi (variabel X) dengan tingkat penjualan (variabel Y). Dari pengujian data diperoleh hasil bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan memperoleh persamaan regresi berupa Y = 38.700.541,928 + 4,918X. Dengan kata lain Rp 38.700.541,928 merupakan tingkat penjualan yang terjadi jika biaya promosi bernilai 0 (nol), dan Rp 4,918 adalah kenaikan tingkat penjualan setiap 1 (satu) rupiah biaya promosi yang dikeluarkan. Selanjutnya pada pengujian koefisien determinasi menghasilkan nilai 53,5 persen, yang dapat diartikan bahwa biaya promosi dapat mempengaruhi tingkat penjualan pada Wisanggeni Coffee sebesar 53,5 persen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Biaya promosi, tingkat penjualan, regresi linear sederhana, hipotesis,koefisien determinasi.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Mar 2021 09:23
Last Modified: 26 Mar 2021 09:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item