LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR HOTEL BISNIS DI KOTA DUMAI DENGAN PENDEKATAN MORFOLOGI ARSITEKTUR

Chandra, Erica (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR HOTEL BISNIS DI KOTA DUMAI DENGAN PENDEKATAN MORFOLOGI ARSITEKTUR. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 015715.pdf

Download (46MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 115715.pdf

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 215715.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 315715.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 415715.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB V)
TA 515715.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA 615715.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dumai merupakan Kota Pelabuhan, Perdagangan, dan Industri, dilihat dari letak daerah yang sangat strategis, Kota Dumai berada di jalur perdagangan lintas negara yang merupakan incaran bagi kaum kapitalis, pelaku bisnis baik swasta maupun nasional, dan investor asing. Sebagai salah satu kota dari Provinsi Riau yang kaya akan minyak bumi dan perkebunan, banyak perusahaan lokal maupun perusahaan asing berinvestasi di Kota Dumai. Jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Dumai pada tahun 2017 melonjak 30 persen dari tahun sebelumnya. Semakin tingginya tingkat pertumbuhan penduduk dan jumlah wisatawan yang rata-rata lebih tinggi secara nasional mendukung Kota Dumai sebagai kota bisnis yang mampu menarik investor lokal dan asing untuk menanamkan modalnya.Kedatangan wisatawan ini menjadi pemicu dari pertumbuhan hotel di Kota Dumai. Hotel merupakan bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat untuk menginap dan tempat makan orang yang sedang dalam perjalanan; bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial. Dikarenakan banyak wisatawan yang datang ke Dumai dengan tujuan utama berbisnis dan/ataupun sebagai tempat peristirahatan sementara, maka diperlukan jenis hotel yang memenuhi kedua tujuan tersebut yaitu hotel bisnis yang terletak di pusat kota. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan morfologi arsitektur dikarenakan bentuk Kota Dumai yang sangat monoton, selain itu rancangan juga adaptif terhadap iklim tropis dengan fokus terhadap bentuk & orientasi massa bangunan, tata ruang luar, tata ruang dalam, serta menciptakan suasana yang representatif dan rekreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hotel Bisnis, Morfologi Arsitektur, Arsitektur Tropis
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Mar 2021 13:01
Last Modified: 26 Mar 2021 13:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23622

Actions (login required)

View Item View Item