AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI TUMBUHAN SUKU ASTERACEAE DAN APLIKASINYA DALAM BENTUK SEDIAAN ANTIBAKTERI

Yustiningsih, Yohana Primadewi (2020) AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI TUMBUHAN SUKU ASTERACEAE DAN APLIKASINYA DALAM BENTUK SEDIAAN ANTIBAKTERI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Yohana Primadewi Yustiningsih)
160801756.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Pengobatan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik. Namun, penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menimbulkan terjadinya resistensi antibiotik. Salah satu bahan alam dari tumbuhan yang memiliki potensi untuk meminimalkan masalah resistensi adalah minyak atsiri. Minyak atsiri secara umum diperoleh melalui proses destilasi, dan bagian daun merupakan salah satu bagian tumbuhan yang dapat menghasilkan minyak atsiri. Minyak atsiri menghasilkan komponen senyawa yang memiliki berbagai macam aktivitas biologis, salah satunya sebagai antibakteri. Tumbuhan suku Asteraceae merupakan tumbuhan herba atau perdu memiliki efek farmakologi karena memiliki berbagai macam senyawa aktif, serta biasa digunakan untuk pengobatan tradisional oleh masyarakat. Kandungan senyawa aktif minyak atsiri tumbuhan suku Asteraceae yang berfungsi sebagai antibakteri antara lain caryophyllene (β-caryophyllene), humulene (α-caryophyllene), limonen, germacrene-D, α-pinene, α-thujone, camphor serta camphene. Minyak atsiri tumbuhan suku Asteraceae memiliki kemampuan sebagai antibakteri dengan rentang kategori sedang hingga sangat kuat. Nilai Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) minyak atsiri tumbuhan suku Asteraceae berkisar pada nilai konsentrasi 0.006 – 7 mg/ml terhadap beberapa bakteri uji. Pemanfaatan minyak atsiri tumbuhan suku Asteraceae dalam bentuk sediaan berpotensi untuk dikembangkan sebagai agen antibakteri alami.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Asteraceae, Minyak atsiri, Komponen Senyawa Volatil, Aktivitas Antibakteri, Pemanfaatan Minyak Atsiri.
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 26 Mar 2021 13:59
Last Modified: 26 Mar 2021 13:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23627

Actions (login required)

View Item View Item