EFEKTIFITAS SEDIAAN TOPIKAL EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (Anrendera cordifolia (Ten.) Steenis) TERHADAP BERBAGAI MACAM LUKA

Chrisyanti, Novalinda Dwi (2020) EFEKTIFITAS SEDIAAN TOPIKAL EKSTRAK ETANOL DAUN BINAHONG (Anrendera cordifolia (Ten.) Steenis) TERHADAP BERBAGAI MACAM LUKA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Novalinda Dwi Chrisyanti)
160801764.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk pengobatan alternatif dan dimanfaatkan oleh banyak masyarakat sebagai obat tradisional. Metabolit sekunder yang terkandung di dalamnya mampu dimanfaatkan dalam penyembuhan berbagai macam luka, seperti luka insisi (luka sayat), luka bakar maupun luka diabetes. Fase dalam proses penyembuhan luka terbagi menjadi 3 tahapan yaitu fase inflamasi, fase proliferasi dan fase maturasi. Ekstrak etanol binahong dapat diaplikasikan pada bagian luka mulai dari fase inflamasi. Ekstrak etanol binahong dalam berbagai bentuk sediaan (gel, salep, maupun ekstrak kental) mampu digunakan untuk mempercepat penyembuhan berbagai macam luka seperti luka sayat, luka bakar, serta luka diabetes, karena semakin besar konsentrasi ekstrak binahong yang digunakan juga berpengaruh terhadap kemampuan penyembuhan berbagai macam luka. Naskah kajian pustaka (literature review) ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ekstrak daun binahong berbagai sediaan topikal seperti gel, salep serta ekstrak kental dalam menyembuhkan berbagai macam luka, baik luka sayat, luka bakar maupun luka diabetes dari berbagai penelitian serta untuk memberikan wawasan tentang pengaruh ekstrak etanol daun binahong dalam membantu proses penyembuhan luka.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Anrendera cordifolia, Luka, Fase Penyembuhan Luka, Sediaan, dan Etanol.
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 26 Mar 2021 14:05
Last Modified: 26 Mar 2021 14:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23628

Actions (login required)

View Item View Item