BRAND PLACEMENT DALAM MEDIA FILM (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Anggota Kine Klub Universitas Atma Jaya Yogyakarta Terhadap Strategi Brand Placement Yamaha dalam Film Bebek Belur)

Hapsari, Anastasia (2011) BRAND PLACEMENT DALAM MEDIA FILM (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Persepsi Anggota Kine Klub Universitas Atma Jaya Yogyakarta Terhadap Strategi Brand Placement Yamaha dalam Film Bebek Belur). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02961.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02961.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02961.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02961.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02961.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Perubahan karakteristik konsumen dimana saat ini konsumen tidak suka dipaksa dalam melihat iklan, menciptakan konsep komunikasi pemasaran terpadu. Brand placement merupakan salah satu strategi untuk menerapkan komunikasi pemasaran terpadu yang menempatkan merek dalam sautu program media tertentu bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah merek atau produk dan jasa. Media yang paling sering digunakan oleh pemasar dalam mengimplementasikan strategi brand placement adalah penempatan merek dalam sebuah film. Penggunaan suatu produk dalam sebuah film merupakan strategi brand placement yang lembut untuk menciptakan persepsi audiens terhadap produk tersebut. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mengetahui persepsi audiens terhadap strategi brand placement dalam media film. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan persepsi audiens terhadap strategi brand placement dalam media film. Penelitian ini dilakukan pada anggota Kine Klub Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebagai sumber data utama. Sumber data ini diharapkan mampu memberikan data mengenai penilaian dan pengetahuan terhadap strategi brand placement dalam media film. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah focus group discussion dan studi pustaka dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman sebagai metode untuk menganalisis data. Pada akhirnya, strategi brand placement dalam film dilihat dari tiga unsur yaitu bentuk, jenis brand placement dalam konteks film, dan dimensi. Fungsi brand placement sebagai reminder dinilai berhasil dalam penelitian ini. Informan mempersepsikan brand placement dalam film berkaitan dengan penggambaran karakteristik motor Yamaha. Persepsi terhadap brand placement Yamaha dalam film Bebek Belur adalah sebagai reminder terhadap karakteristik motor Yamaha.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Brand Placement, Persepsi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 13:54
Last Modified: 19 Jun 2013 13:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item