PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN SLEMAN DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI AKIBAT KEGIATAN PETERNAKAN AYAM DI KECAMATAN NGEMPLAK

Nagari, Karebet Sawung (2020) PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN SLEMAN DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN SEBAGAI AKIBAT KEGIATAN PETERNAKAN AYAM DI KECAMATAN NGEMPLAK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Karebet Sawung Nagari)
1605123691.pdf

Download (947kB) | Preview
[img] Text
1605123692.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)

Abstract

Usaha peternakan banyak diminati oleh pelaku usaha khususnya di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Akan tetapi kegiatan usaha peternakan dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum empiris yang dilakukan secara langsung kepada responden untuk memperoleh data primer dan ditambah dengan data sekunder. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman berperan penting dalam pengendalian pencemaran lingkungan yang diakibatkan peternakan ayam. Instansi tersebut mengimplementasikan Perda Kab. Sleman No. 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup agar usaha peternakan warga tidak memberikan dampak negatif kepada lingkungan. Apabila terdapat persoalan mengenai pencemaran lingkungan, warga dianjurkan untuk secara langsung membuat pengaduan kepada Dinas Lingkungan Hidup, karena instansi tersebut memiliki jumlah personel yang sedikit. Saran penulis terhadap penelitian ini yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman perlu meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengelolaan limbah yang baik agar dapat menjaga kualitas lingkungan dan menambah jumlah personelnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peternakan Ayam, Kecamatan Ngemplak, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman
Subjects: Ilmu Hukum > Pertanahan, Pembangunan dan Lingkungan Hidup
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 09 Apr 2021 10:23
Last Modified: 09 Apr 2021 10:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23698

Actions (login required)

View Item View Item