PERCEPATAN PENURUNAN TANAH DENGAN METODA ELEKTROKINETIK, BAHAN IJUK DAN SAMPAH PLASTIK SEBAGAI DRAINASI VERTIKAL

Gunawan, Sumiyati (2015) PERCEPATAN PENURUNAN TANAH DENGAN METODA ELEKTROKINETIK, BAHAN IJUK DAN SAMPAH PLASTIK SEBAGAI DRAINASI VERTIKAL. In: Konferensi Nasional Teknik Sipil 9 (KoNTekS 9), 7-8 Oktober 2015, Makasar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Sumiyati Gunawan)
2015_Percepatan Penurunan Tanah Dengan Metoda Elektrokinetik, Bahan Ijuk dan Sampah Plastik Sebagai Drainasi Vertikal.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Salah satu perilaku tanah yang berpotensi menyebabkan kegagalan struktur adalah penurunan tanah akibat konsolidasi pada tanah lempung. Tanah lempung merupakan tanah yang mempunyai koefisien permeabilitas (k) yang kecil. Bila lapisan tanah jenuh berpermeabilitas rendah dibebani, maka tekanan air pori di dalam tanah tersebut segera bertambah. Perbedaan tekanan air pori pada lapisan tanah, berakibat air mengalir ke lapisan tanah dengan tekanan air pori yang lebih rendah, yang diikuti penurunan tanahnya. Salah satu cara untuk mempercepat aliran air/laju konsolidasi lempung jenuh dengan menggunakan drainasi vertical. Dalam penelitian ini akan dilakukan percobaan drainase vertikal dengan bahan pengisi berupa pasir, ijuk, sampah plastik dan metode elektronikinetik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan drainase vertikal dengan bahan pengisi pasir, ijuk dan limbah plastik dibandingkan dengan metode elektronikinetik terhadap kecepatan penurunan tanah lunak.penelitian ini dilakukan dengan membuat model di laboratorium. Pembebanan yang dilakukan ada 10 tahap, yaitu beban 0,2 ton sampai dengan 2,0 ton dengan interval 0,2 ton. Untuk setiap tahap pembebanan masing-masing dilakukan 10 hari pengamatan. Diameter drainase yang dipakai adalah 2.5 cm dengan jarak antar drainase vertikal 15 cm dengan pola susunan segiempat pada tanah lunak dengan ketebalan 10 cm dan dalam kondisi double drain. Ada 6 pengujian, yaitu pengujian pembebanan tanpa drainase vertikal, drainase vertikal pasir, drainase vertikal ijuk dari pohon aren, drainase vertikal sampah botol plastik dipotong dengan ukuran ±1cm, drainasi metode elektrokinetik dengan 2 kutub anoda dan katoda 12 Volt dan 24 Volt. Hasil analisa berupa koefisien konsolidasi arah vertical (Cv) sebagai berikut : pembebanan tanpa drainase vertical Cv=0.000194 cm2 /detik ; drainase vertikal pasir Cv=0.000312 cm2 /detik ; drainase vertikal ijuk dari pohon aren Cv= 0.000671 cm2 /detik ; drainase vertikal sampah botol plastik dipotong dengan ukuran ±1cm Cv= 0.000821 cm2 /detik ; drainasi metode elektrokinetik dengan 2 kutub anoda dan katoda 12 Volt dan 24 Volt masing masing Cv= 0.001030 cm2 /detik dan cv=0.001185 cm2 /detik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Drainase Vertical, Konsolidasi, Koefisien konsolidasi, Proses Konsolidasi
Subjects: Sipil > Geo Teknik
Sipil > Geo Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 16 Apr 2021 10:44
Last Modified: 16 Apr 2021 10:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23758

Actions (login required)

View Item View Item