ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi kasus: Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta)

SANTOSA, ANDI SETIAWAN (2020) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi kasus: Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TS 015394.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS 115394.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS 215394.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB iii)
TS 315394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (bab V)
TS 515394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS 615394.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan Tentara Pelajar merupakan salah satu jalan di kota Yogyakarta yang cukup padat dilewati kendaraan. Banyaknya fasilitas umum seperti bank, sekolah, hotel, dan warung membuat semakin ramai. Setiap tahun jumlah kendaraan terus bertambah, sehingga kemungkinan terjadinya kecelakaan juga semakin tinggi.Kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan dari banyak faktor. Penekanan pembahasan pada penelitian ini adalah mengetahui tingkat kecelakaan lalu lintas dan penyebab–penyebab terjadinya kecelakaan di jalan Tentara Pelajar Yogyakarta. Pengamatan dan pencarian data ini dilakukan supaya mengetahui bagaimana situasi dan kondisi di lokasi penelitian saat ini, seperti kondisi penempatan rambu, kondisi marka, fasilitas umum, kecepatan dan volume kendaraan, jenis kendaraan yang melintas, dan data kecelakaan lalu lintas dari tahun 2015 sampai 2018 seperti titik lokasi kecelakaan, umur pelaku dan korban, kerugian materi, kondisi korban, dan waktu kejadian kecelakaan Berdasarkan analisis yang dilakukan atas metode pengamatan, pencarian data, dan kajian pustaka dapat disimpulkan bahwa kecelakaan yang terjadi di Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta sebagian besar disebabkan oleh faktor manusia, seperti pengemudi kurang berhati-hati pada saat mengemudikan kendaraan dan parkir dipinggir jalan. Berdasarkan jenis dan jumlah kendaraan yang mengalami kecelakaan paling banyak adalah sepeda motor. Rentang umur yang paling banyak mengalami kecelakaan antara 20-30 tahun dan terjadi pada jam kerja dan pulang sekolah. Kondisi jalan sudah baik, tetapi kondisi rambu dan marka kurang baik karenan ada rambu yang terhalang oleh pohon dan marka yang tidak jelas. Saran dari analisi ini adalah memperjelas marka yang sudah hilang dan merapikan pohon supaya rambu tidak terhalang pohon.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: blackspot, kecelakaan, lalu lintas , rambu, marka
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Apr 2021 10:47
Last Modified: 16 Apr 2021 10:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23759

Actions (login required)

View Item View Item