PROGRAM KARTU PRAKERJA DALAM PEMENUHAN HAK TENAGA KERJA YANG TERKENA PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA AKIBAT CORONAVIRUS DISEASE 2019 (DITINJAU DARI PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA)

G, Anelia Meilani L. (2020) PROGRAM KARTU PRAKERJA DALAM PEMENUHAN HAK TENAGA KERJA YANG TERKENA PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA AKIBAT CORONAVIRUS DISEASE 2019 (DITINJAU DARI PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Anelia Meilani L.G)
1705129191.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1705129192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang terjadi semenjak mewabahnya pandemic covid-19 sehingga hal ini menjadi salah satu latar belakang diterbitkan program kartu prakerja. Program kartu prakerja dalam hal ini memberikan pelatihan dan insentif bagi penerimanya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program kartu prakerja memberikan pemenuhan hak bagi para tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, rumusan masalah yang diambil oleh peneliti adalah bagaimana program kartu prakerja dalam pemenuhan hak tenaga kerja yang terkena pemutusan hubungan kerja akibat pandemi covid-19 (ditinjau dari perspektif Hak Azasi Manusia). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif yuridis, dimana data diperoleh dari peraturan perundang-undangan, buku, jurnal, tesis, internet, dan wawancara dengan Dinas Tenaga Kerja Balikpapan dan Agus Amri & Affiliates (Triple A) Kantor Advokat & Auditor Hukum Balikpapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah program kartu prakerja telah sesuai dengan nilai hak asasi manusia, melalui program kartu prakerja pemerintah dapat berupaya agar para pekerja sebagai korban PHK tidak kehilangan hak-haknya dan dapat melanjutkan kehidupannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PHK, kartu prakerja, HAM, covid-19
Subjects: Ilmu Hukum > Kenegaraan dan Pemerintah
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 22 Apr 2021 10:45
Last Modified: 22 Apr 2021 10:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23798

Actions (login required)

View Item View Item